Sunday, July 1, 2018

...

Mendiagnosa Kerusakan Pada Laptop Bag 8

HugoBremmer | 11:46 AM |
ciri ciri kerusakan prosesor

Kerusakan pada komputer atau laptop yang disebabkan oleh rusaknya komponen pada bagian prosesor
Kerusakan pada prosesor biasanya tidak secara langsung mengakibatkan komputer atau laptop mati, namun sebelumnya memberikan tanda tanda terlebih dahulu, tanda tanda yang disebabkan rusaknya bagian prosesor antaralain adalah sbagai berikut:
  • komputer atau leptop tersasa berat ketika digunakan namun tidak terdapat virus yang menginfeksi, beratnya proses ini terjadi meskipun kita tidak menggunakan program berat pada system.
  • komputer atau leptop sering mengalami hang atau malfungsi. dan akan normal ketika melakukan restart.
  • komputer atau leptop sering mengalami restart dengan sendirinya. hal ini jika dibiarkan akan berakibat pada rusaknya harddisk (HDD) atau membuat HDD bad sector.
  • sering terjadi blue screen. terjadinya blue screen bisa disebabkan karena kerusakan pada memori/ram, harddisc, software yang crash dan juga prosesor yang bermaslah. bluescreen terjadi ketika terjadi masalah pada software yang tidak mampu mengolah data namun System pada bios masih bekerja.
  • dan jika sudah tahap kerusakan parah, komputer atau leptop ketika dinyalakan lampu indikator power menyala namun tidak terdapat proses yang bekerja.
Kerusakan pada prosesor ini bisa disebabkan karena kerusakan pada fan pendingin, atau kotornya bagian pendingin sehingga terjadi over head, jika hal ini terjadi maka anda hanya perlu mengganti fan atau membersihkan kotoran pada pendingin. jika terjadi kerusakan pada fan dan anda sudah menggantinya namun fan tetap tidak bekerja berarti kerusakan terjadi pada suplay daya ke fan, anda bisa menelusurinya melalui schematic untuk mencari komponen yang rusak. bisa juga karena thermal paste yang mengalami kering sehingga tidak mampu menghantarkan panas ke pendingin.
Namun jika kerusakan pada prosesor dan bukan pada pendukung / pengaman prosesor maka anda harus menggantinya. untuk mengganti prosesor bisa diganti dengan tipe prosesor yang berbeda asalkan memiliki soket kaki prosesor yang sama. untuk laptop jenis terbaru biasanya prosesor menempel secara permanen pada mainboard, maka untuk melepasnya diperlukan alat BGA Rework Station. kerusakan pada prosesor juga bisa disebabkan karena suplay daya ke prosesor yang tidak cukup atau bahkan sama sekali tidak ada, maka sebelum melakukan eksekusi terhadap komponen prosesor anda perlu melakukan uji tegangan ke prosesor. untuk suplay daya yang tidak cukup atau kurang bisasanya disebabkan rusaknya komponen kapasitor, namun jika tidak terdapat tegangan sama sekali maka kerusakan pada umumnya terdapat di bagian mosfet. hal ini bisa anda pelajari pada bagian lain dari artikel ini. silahkan anda cari di bagian sitemap.
Untuk menghindari kesalahan dalam mengeksekusi komponen maka diwajibkn anda melakukan pengecekan dan uji tegangan pada komponen yang anda curigai mengalami kerusakan.
Share this article

0 comments:

Post a Comment