Monday, July 2, 2018

...

Mendiagnosa Kerusakan Pada Laptop Bag 9

HugoBremmer | 10:17 AM |
ciri ciri kerusakan ram dan cara memperbaiki

Kerusakan pada komputer atau laptop yang disebabkan oleh rusaknya komponen pada bagian Memory atau RAM
Kerusakan pada bagian ram kadang kala tidak serta merta komputer atau laptop tidak menyala, namun seperti yang sudah kita bahas sebelumnya kerusakan pada ram kadang membuat komputer atau laptop sering mengalami blue screen. atau kadang juga mengakibatkan laptop sering mengalami hang, hal ini dikarenakan ketika kita menggunakan applikasi maka data akan di simpan pada memory sementara atau ram dan jika ada kerusakan pada bagian komponen ini maka data tidak dapat diproses dan mengalami hang.
kerusakan pada bagian memory atau ram juga bisa ditandai dengan adanya bunyi beep ketika laptop atau komputer dinyalakan, bunyi ini diperintahkan oleh program bios sebagai tanda adanya kerusakan komponen. untuk jumlah bunyi beep bisa berbeda untuk tiap jenis program bios yang berbeda seperti AMI BIOS atau lainnya. namun kadang bunyi beep saat botting ini bisa juga karena adanya tombol kyboard yang korslet atau memencet terus dan jika di tekan tombol kyboard akan melakukan botting hingga masuk ke system operasi. bunyi beep yang menandakan kerusakan pada memory random / RAM akan membuat laptop atau komputer tidak menunjukkan aktifitas pada monitor, berbeda dengan bunyi ketika terjadi korslet pada kyboard. 
kerusakan pada ram bisa disebabkan karena kotornya atau terhalangnya soket conector ram sehingga tidak dapat dideteksi oleh bios. hal ini bisa di atasi dengan membersihkan soket menggunakan penghapus pensil atau dengan menggunakan cairan tiner yang kualitas bagus, yang tidak merusak komponen.
namun jika dengan membersihkan bagian soket tidak mengatasi masalah maka anda harus menggantinya. sebagian jenis laptop, utamanya yang model lama hanya perlu membuka penutup khusus ram bagian bawah casing saja. namun untuk jenis baru harus membogkar penuh casing. dan ada juga model ram yang sudah tertanam pada mainboard, hal ini tidak dapat diganti. namun jika ingin tetap diperbaiki bisa dilakukan dengan melakukan reball atau penggantian chip memory namun juga terkadang bisa kerusakan di bagian capasitor keramik maka sebelum meng eksekusi bagian chip memory sebaiknya di cek jalur tegangan pada bagian capasitor. sering kali rusaknya RAM karena putusnya capasitor, sehingga tidak adanya arus listrik pada chip memory.

Demikian artikel mengenai cara mendeteksi kerusakan pada bagian RAM. dan jika anda memiliki Alat pendeteksi kerusakan seperti Diagnostic Card. alat ini pun bisa membantu memudahkan anda dalam mencari kerusakan bagian komponen. dengan membaca kode yang keluar anda bisa mengetahui letak kerusakan. harga alat ini pun relatif murah jika anda ingin mendalami jasa service komputer dan laptop.


Share this article

0 comments:

Post a Comment