Saturday, July 21, 2018

...

EXCEL- Turorial Excel Lengkap Membuat Rumus Dengan Formula Excel 1

HugoBremmer | 11:03 AM |
< Sebelumnya  sitemap.

Memasukkan rumus dan formula pada excel

Bekerja dengan Excel tidak bisa lepas dengan formula, tanpa menggunakan fungsi formula di dalam excel tak ubahnya menggunakan microsoft word. Dengan fungsi rumus di dalam formula Excel kita akan dipermudah didalam melakukan perhitungan. dan kesalahan perhitungan tak akan terjadi dengan catatan benar dalam memasukkan data. untuk itu pentingnya memahami fungsi formula didalam Excel sangatlah penting. Rumus di dalam formula  terdiri dari kode khusus, yang dimasukkan ke dalam cell. Dan rumus tersebut akan melakukan beberapa perhitungan yang mengembalikan hasil, kemudian ditampilkan di dalam cell. Rumus dalam formula menggunakan berbagai operator dan fungsi lembar kerja untuk bekerja dengan nilai dan teks. Nilai dan teks digunakan dalam rumus dapat ditemukan di sel lain yang kita tentukan. 
Berikut ini akan kami jelaskan fungsi formula dan cara penggunaannya di dalam Excel.
 Elemen di dalam formula.
Elemen operator matematika antara lain : Penambahan (+),Pengurangan ( - ), Pembagian ( / ), Perkalian ( * ).
Contoh : = E5 * F5 Akan mengalikan Nilai dalam cell E5 dan F5. jika Nilai dalam Cell E5 adalah  2 dan F5 adalah 60.000 dan Rumus Formula tersebut di tulis di dalam cell G 5 Maka Di dalam cell G5 akan secara otomatis mengembalikan hasil nilai 120.000

Referensi sel merujuk ke Cell atau rentang Cell di lembar kerja dan bisa digunakan dalam rumus sehingga Excel bisa menemukan nilai atau data yang Anda inginkan untuk dihitung rumus tersebut.


Contoh
 = G5= G8 Membandingkan cell G5 dengan cell G8. Jika cell-cell identik, rumus mengembalikan TRUE, jika tidak, ia mengembalikan FALSE.
Contoh lain 
= G5:G8 Mengacu pada cell G5 Hingga G8. dan menunjukkan nilai disemua cell

Fungsi Formula : Memasukkan fungsi dengan memilih formula yang tersedia di dalam Excel
 Contoh 
Sum (G5:G25) Menambahkan nilai dalam rentang G5 hingga G25 apa bila fungsi ini di tulis dalam cell G26 maka akan mengembalikan hasil yang ditampilkan dalam cell G26 dengan menekan enter

Membuat  formula 
Untuk membuat formula klik pada sell yang di tuju kemudian klik fungsi Fx dan pilih formula yang akan digunakan.
Contoh : Sum (G5:G25)

Membuat rumus
Untuk membuat rumus harus diawali dengan tanda = kemudian arahkan alamat cell dengan mouse atau ketikkan teks dengan operator matematika.
Contoh :  = E5 * F5  , = E5*7 , G5/2 dan seterusnya.

Share this article

0 comments:

Post a Comment