Wednesday, July 25, 2018

...

EXCEL- Turorial Excel Lengkap Operasi Lanjutan Excel 1

HugoBremmer | 8:59 AM |

Membuat Diagram dan Analisis Ringkasan Data

Membuat Diagram dan Analisis Ringkasan Data

Di dalam Excel disediakan alat untuk membuat diagram secara otomartis dari data yang anda buat. sehingga akan lebih mudah atau nyaman ketika anda membaca  dan memahami data yang fluktuatif. Anda bisa membuatnya dengan mudah dengan cara sebagai berikut

Pada Lembar Kerja Excel dari data yang anda buat kili bagian insert pada bilah alat. kemudian pada kelompok alat chart anda pilih mode diagram yang anda inginkan.
Untuk menghapusnya anda tinggal klik pada diagram dan tekan tombol delete.

Ketika anda membuat data yang besar, tentu anda akan kesulitan untuk memahami laporan data yang sudah dibuat. untuk meringkasnya Excel memberikan solusi melalui diagram pivot. sehingga secara otomatis akan dibuat tabel atau diagram yang menunjukkan data dalam bentuk ringkasan. seperti misalnya anda membuat data penjualan, dengan begitu anda bisa mengetahui dengan mudah kemajuan di dalam anda melakukan penjualan untuk jangka waktu yang lama, dari waktu ke waktu dalam bentuk diagram atau tabel. 

Tabel pivot

Tabel pivot merupakan laporan ringkasan yang dihasilkan dari database atau lembar kerja. Basis data dapat berada di sebuah lembar kerja dengan membuka lembar kerja baru atau dalam file data eksternal. Tabel pivot dapat membantu mengubah baris tanpa akhir dan kolom angka menjadi presentasi data yang mudah dibaca dan di analisa.

Untuk membuat tabel pifot lakukan langkah berikut ini.
di dalam lembar kerja excel klik bilah alat insert dan didalam kelompok alat Charts pilih PivotChart &PivotTable kemudian pada select tabel anda masukkan tabel yang anda inginkan untuk dibuat ringkasan analisis datanya. atau jika anda hanya memiliki sebuah data kerja maka anda cukup klik Ok untuk new worksheet atau jika ingin membuat file data eksternal. kemudian dari chart field centang bagian  yang ingin anda tampilkan di dalam tabel. maka secara otomatis pivot akan menmbuat ringkasan data untuk anda.

Di dalam form pivot tabel terdapat beberapa bagian antara lain.

  • Label kolom : Bidang yang memiliki orientasi kolom di tabel pivot. Setiap bagian data di dalam lembar kerja akan menempati kolom.
  • Filter Laporan : Anda dapat mengatur filter untuk laporan sebagai tahun, kemudian data difilter per tahun.
  • Label baris : Bidang yang memiliki orientasi baris di tabel pivot. Setiap bagian data di dalam lembar kerja akan menempati satu baris.
  • Nilai area : Cell-cell dalam tabel pivot yang berisi data ringkasan. 


Diagram Pivot

Diagram pivot Merupakan representasi grafis dari ringkasan data, diagram pivot ditampilkan dalam tabel pivot. memiliki acuan berdasarkan pada tabel pivot.
Untuk membuat diagram pivot  di dalam lembar kerja excel klik bilah alat insert dan didalam kelompok alat Charts pilih PivotChart 

Share this article

0 comments:

Post a Comment