Tuesday, May 21, 2019

...

Step By Step Belajar Pemrograman Java

HugoBremmer | 11:42 AM | |

Pengenalan Java

pengenalan pemrograman java
Gambar oleh OpenClipart-Vektor dari Pixabay


Java merupakan salah satu bahasa pemrograman yang paling populer, selain java juga terdapat banyak jenis bahasa pemrograman yang lain misalnya Phyton, C++, C#, HTML, PHP, dan banyak lagi, baru baru ini juga banyak bermunculan bahasa pemrograman baru yang pada dasarnya memodifikasi dan mempersingkat atau mempermudah bahasa pemrograman yang sudah ada sebelumnya seperti kotlin sebagai alternatif java untuk android, flutter dengan bahasa dart'nya, GO sebagai alternatif Phyton, Rust yang dengan tingkat keamanan tinggi meski lebih sedikit rumit dari Phyton, Julia yang bisa berjalan multi platform dan dengan kecepatan dan kinerja yang tinggi dan seperti java, Julia juga merupakan bahasa pemrograman yang berorientasi object. dan masih banyak lagi bahasa pemrograman baru yang bisa kalian pelajari. namun pada pembahasan kali ini kita akan berfokus pada bahasa pemrograman Java.

Sebelum mempelajari lebih jauh, mari kita mengenal terlebih dahulu apa itu Java?
Java adalah bahasa pemrograman  yang dirancang oleh Sun Microsystems pada awal 1990-an . merupakan bahasa pemrograman tingkat tinggi. Java merupakan bahasa pemrograman independent sehingga dapat berjalan multi platform.seperti dalam slogan Java, dengan Java anda hanya perlu menulis sekali namun dapat digunakan diberbagai platform seperti Windows, Linux, android (yang sebenarnya merupakan turunan linux), Max OS, dan banyak lagi. java berjalan di dalam mesin virtual yang disebut Java Virtual Mesin disingkat JVM. 
Java merupakan bahasa pemrograman yang berorientasi terhadap Object atau dikenal dengan OOP (Object Oriented Programming). maksudnya adalah di dalam java data dalam bentuk field atau disebut atribut dan juga perintah atau fungsi prosedur yang dalam java disebut method dikemas didalam kelas atau object .Sehingga OOP memberikan fleksibilitas yang lebih.

Di dalam bahasa pemrograman java, setiap baris kode harus benar benar berada didalam kelas. seperti contoh kelas helloworld berikut ini:

class HelloWorld { 
  public static  void  main ( String [] args) { 
    System.out.println ("Hello World"); 
  } 
}

di dalam contoh tersebut terdapat beberapa elemen diantaranya yaitu 
  1. kelas yang bernama HelloWorld ( penamaan kelas harus diawali dengan huruf besar dan tanpa spasi)
  2. public yang berarti dapat diakses oleh siapapun
  3. static merupakan metode yang dapat dijalankan tanpa membuat turunan dari kelas yang berisi metode utama 
  4. void merupakan metode yang tidak mengembalikan nilai apapun
  5. main merupakan titik masuk atau titik awal sehingga program dapat dijalankan, setiap program java dimulai dari titik main
  6. String [] args merupakan string dari aray yang disebut args (akan dijelaskan dalam pembahasan berikutnya)
  7. System.out.println merupakan tubuh dari metode utama, Kelas Sistem dan aliran keluarnya digunakan untuk mengakses metode println, metode println berfungsi mencetak satu baris teks ke layar.
  8. Hello World merupakan teks yang akan dicetak ke dalam layar. anda dapat mengganti dengan kalimat lain dalam tanda petik dua.
jika kita perhatikan dari kode diatas setelah penulisan kelas terdapat kurung kurawa yang membungkus metode main sebagai titik awal program dan kemudian terdapat kurung kurawa yang membungkus kelas System yang digunakan untuk mengakses metode println sehingga teks Hello World dapat dicetak kedalam layar. Di Jawa, setiap pernyataan kode harus diakhiri dengan titik koma, namun jangan menggunakan tanda titik koma setelah metode dan deklarasi kelas yang diikuti dengan tubuh yang didefinisikan menggunakan kurung kurawal.

Share this article

0 comments:

Post a Comment