Thursday, May 23, 2019

...

Step By Step Belajar Pemrograman Java Basic 2

HugoBremmer | 3:58 PM | | |

Kelas dan Object

step by step belajar pemrograman java
Object by pixels

⇐ sebelumnya
Setelah sebelumnya kita melakukan persiapan dengan penginstallan applikasi IDE sebagai alat untuk menulis bahasa pemrograman java kini kita mulai dengan penulisan kode java.
namun sebelumnya untuk mengingat kembali poin poin penting dalam penulisan java dibutuhkan komponen komponen berikut ini:

  • kelas dan object 

kelas atau dalam penulisannya class merupakan template atau bisa juga disebut wadah yang digunakan untuk membuat object.dan untuk menentukan jenis data objek dan metode. 

di dalam kelas ini metode di tulis dan dieksekusi. syarat penulisan kelas harus dimulai dengan huruf besar dan apabila terdapat dua kata atau lebih setiap kata dimulai huruf besar dan ditulis tanpa spasi. nama kelas harus sama dengan nama file java. 

contoh : class MainActivity {} maka nama file java : MainActivity.java.

gambaran keterkaitan antara kelas dan object yaitu kelas merupakan cetak biru (konstruktor) dari object. di dalam kelas terdapat atribut yang menggambarkan tentang object dan dapat digambarkan sebagai berikut:

orang adalah object yang memiliki ciri-ciri atau atribut seperti tinggi badan, berat badan, warna kulit, warna rambut, jenis kelamin dan sebagainya kemudian memiliki metode seperti jalan, lari, melompat dan sebagainya. 

untuk membuat kelas diperlukan kata kunci class sebelum nama kelas dan di ikuti tanda kurung buka sebagai tempat membuat object yang kemudian di jabarkan dalam bentuk atribut dan memiliki metode dan diakhiri dengan kurung tutup.
contoh :
/* membuat kelas dengan nama MainActivity
dengan variabel yang menyimpan data string yaitu Hello World
*/

 class MainActivity {
    public static  void  main ( String [] args) { 
    System.out.println ("Hello World"); 
  } 
}

dari contoh di atas, titik awal metode main menjalankan kelas System dengan metode println sehingga menampilkan teks Hello World kedalam layar.
dengan kata lain { System.out.println ("Hello World"); } merupakan tubuh dari metode main yang penulisannya terlampir dalam kurung kurawa.
( String [] args) merupakan parameter dari metode main yang merupakan array dari string yang disebut args.

dengan bahasa yang lebih mudah dipahami. di dalam kelas MainAktivity diatas terdapat metode utama atau main yang berisi data aray berbentuk string. dan dalam tubuh metode main terdapat kelas  Sistem dan aliran keluarnya digunakan untuk mengakses metode println, metode println  mencetak satu baris teks ke layar yaitu teks Hello World.

jangan khawatir jika Anda tidak mengerti semuanya sekarang. penjabaran lebih lanjut akan dijelaskan dalam artikel selanjutnya.
yang terpenting disini adalah memahami apa itu kelas dan object.

Berikutnya ⇒

Share this article

0 comments:

Post a Comment