Saturday, May 26, 2018

...

Panduan Membuat Blog

HugoBremmer | 12:36 PM |
Panduan Membuat Blog

Panduan Membuat Blog

Buat teman teman yang mendapat tugas sekolah membuat blog, atau yang ingin sekedar menuangkan ide ide kreatifnya supaya bermanfaat bagi orang lain namun masih bingung bagai mana caranya membuat blog semoga tulisan ini bisa membatu.

oke langsung aja ya....

  • pertama anda harus memiliki emali, jika ingin membuat blog dari blogger maka gunakan email dari Gmail. Sebenarnya banyak pilihan tempat kalian ngeblog, bisa di blogger, Wix, Wordpress, dan masih banyak lagi.
  • setelah membuat email anda masuk ke dalam situs blogger ( dalam tulisan ini kami fokuskan ke blogger supaya tidak membinggungkan) dan masuk dengan email anda.
  • kemudian klik creat blog, disitu anda akan diminta mengisi alamat blog anda (bisa nama anda) dengan akhiran .blogspot.com. dan juga mengisi nama tema atau judul blog anda. mungkin akan terjadi error jika nama alamat blog anda sudah ada yang memakai, anda ulang dengan nama lain sampai berhasil.
  • setelah jadi anda akan dihadapkan dengan halaman utama blogger untuk mulai menulis postingan. anda bisa langsung mulai menulis postingan atau memilih template(tampilan blogger) yang akan anda gunakan.
  • didalam halaman post tempat anda menulis artikel disitu akan dihadapkan dengan tampilan yang sangat familiar layaknya microsoft word. anda bisa mulai menulis menambahkan gambar( dengan meng klik ikon gambar, mengatur alignment, memasukkan video, menambahkan link ke alamat atau URL lain seperti misalnya alamat download. dan sebagainya. anda juga bisa memberikan label pada postingan anda.
  • setelah artikel pertama anda buat mungkin anda ingin melihat hasilnya dengan menekan tombol previw. simpan terlebih dahulu artikel yang sudah anda buat dengan menekan tombol save di kanan atas. jika sudah dirasa cukup anda bisa langsung menekan tombol publish. namun meski sudah di publish artikel anda belum bisa dicari dengan mesin pencari. hal ini akan kita jelaskan nanti.
  • mungkin anda tidak puas dengan tampilan blog anda anda bisa memilih template dengan mengklik tombol theme. disitu ada banyak theme bawaan blogger. namun jika anda ingin tapilan yang lain anda bisa mencari di browser dengan mengetik kata kunci free template blog. anda bisa memilih yang sesuai artikel anda atau yang anda sukai dan mendownloadnya.
  • untuk memasang template yang sudah anda download pada bagian theme disebelah kanan atas ada tombol Backup/restore. klik tombol backup/restore dan pilih choose file upload file yang sudah anda download dalam bentuk extensi XML. juka file yang anda downoad dalam bentuk rar atau zip anda ekstrak dulu dan pilih file yang berextensi XML untuk di upload. setelah anda pilih template yang anda download tadi kemudian tekan tombol upload. dan secara otomatis tampilan blog anda akan berubah. 
  • untuk mengedit tampilan blog anda anda bisa masuk kedalam menu  theme kemudian edit HTML dibagian bawah tampilan tema yang anda pakai. namun disitu anda harus sedikit menguasai bahasa pemrograman setidaknya tau tata letak tampilan pada setinggan html. untuk mengedit tampilan juga bisa anda cari sesuai kata pada tampilan dengan menekan tombol control + F pada kyboard anda.
  • setelah semua anda rasa cukup sekarang anda bisa mendaftarkan blog anda di google search console. supaya blog anda muncul di mesin pencari google. masuk ke menu setting > search preferences> Google Search Console. klik Edit dan anda akan masuk ke dalam situs web google search console.
Share this article

0 comments:

Post a Comment