Monday, June 11, 2018

...

Memulai usaha tanpa modal

HugoBremmer | 10:43 AM |
tips memulai usaha tanpa modal

Banyak orang memiliki ide gagasan usaha, namun pada akhirnya tidak dapat mewujudkan usahanya karena tidak memiliki biaya yang cukup. mungkin saja ini akan terasa seperti masalah besar.  namun jangans sampai hal ini menghentikan impian ide anda untuk memulai sebuah usaha. bahkan jika anda hampir atau  tidak memiliki keuangan pribadi untuk memulai.
untuk memulai sebuah usaha, diperlukan perencanaan yang matang, supaya tidak kandas ditengah jalan. yang akhirnya hanya akan menambah hutang anda. dan hal paling dasar permasalahannya adalah diri anda sendiri. anda perlu selalu memotifasi diri, supaya tidak menyerah jika menghadapi kendala yang diluar dugaan anda.
mari kita membuat perencanaan untuk bisnis anda.

setelah anda memiliki ide dasar usaha yang akan anda lakukan, buatlah perencanaan belanja alat dan keperluan. tanpa senjata kita tak akan menang dimedan pertempuran. itulah mengapa pentingnya hal ini. anda harus tau mana kebutuhan yang utama dan mana yang hanya pelengkap. perincikan dengan seksama berapa biaya yang dibutuhkan.

apakah usaha anda dapat anda lakukan sendiri, atau anda membutuhkan karyawan? jika membutuhkan karyawan anda juga harus merencanakan belanja gaji karyawan.

usaha apa yang akan anda geluti, apakah membutuhkan bahan baku yang sudah tersedia, sehingga anda bisa mendapatkannya dengan mudah, ataukah anda belum tau bagai mana mendapatkannya? kumpulkan informasi sebanyak mungkin sebelum anda memulai. jalin link seluas mungkin anda bisa sehingga disaat nanti anda sudah memulai tidak anda kendala yang berarti dan usaha anda akan tetap berjalan. ingat jika anda memiliki karyawan, anda tetap harus menggaji mereka meskipun mungkin usaha anda berhenti sementara karena tidak adanya bahan baku. perencanakan biaya yang dibutuhkan supaya perputaran usaha anda tidak terganggu.

jika usaha anda berbentuk jasa, yang tidak membutuhkan bahan baku, pikirkan bagai mana usaha anda bisa berjalan dengan pelayanan yang maksimal sehingga pelanggan tidak akan kecewa. dan ini juga memerlukan fasilitas alat atau sejenisnya sehingga anda harus tetap membuat perencanaan biaya.

perhitungkan waktu proses produksi, jumlah bahan baku dan waktu pemasaran hingga anda bisa membelanjakannya kembali untuk mendapatkan bahan baku sehingga akan menciptakan perputaran dana yang setabil.

dan ini adalah hal yang terpenting, bagai mana anda memasarkan produk anda, jasa anda. kesuksesan anda disini yang menentukan. jangan melakukan produksi tanpa perencanaan pemasaran yang matang. mungkin saja anda perlu menjalin kemitraan sebelum melakukan produksi, buatlah jaringan pemasaran seluas luasnya. jika anda hanya memiliki satu jalur pemasaran saja, usaha anda akan terhenti dan bergantung dengan satu jalur saja atau mungkin anda akan dimonopoli. 

jika hal diatas sudah anda perinci anda akan tau bagai mana memperhitungkan modal, berapa biaya yang akan anda perlukan. dan segala kendala harus anda perhitungkan. tetaplah melangkah dan jangan gegabah.

jika anda sudah mengetahui berapa modal yang anda butuhkan lakukan perencanaan biaya bagai mana anda mendapatkannya, mungkin anda bisa membuat pengajuan proposal usaha atau pengajuan modal ke BANK. namun jika ini yang anda lakukan. pikirkan bagaimana anda melakukan pengembalian modal sementara usaha anda barusaja memulai dan belum mendapatkan laba.

jika hal diatas terlalu sulit untuk anda mungkin dan anda benar benar tidak memiliki modal pribadi untuk memulai anda mungkin bisa mencoba hal berikut ini, namun ini memerlukan kesabaran dan waktu untuk berkembang. yang harus anda lakukan hanyalah jangan berhenti dan menyerah.
  • perhatikanlah potensi sekitar alam anda. manfaatkan apa yang tuhan sediakan untuk anda namun tetaplah bijak. dari hal kecil akan terkumpul menjadi besar jika anda konsisten melakukannya. dan dengan terkumpulnya itu kelak akan menjadi modal dasar anda untuk memulai usaha. dari segenggam kerikil akan terkumpul menjadi sebuah bangunan jika anda konsisten dalam melakukannya. bahkan seekor cacing yang nampak menjijikkan akan menjadi pundi uang jika terkumpul banyak dan dikembangkan. mungkin anda pernah mendengar bagaimana binatang ini menjadi kosmetic dan obat.
  • jika anda suka menulis, mungkin anda bisa memulai dengan menjadi blogger, penulis di internet dan tuangkan ide ide anda. anda bisa mengajukan iklan untuk ditampilkan di artikel anda dan anda akan mendapat imbalan. jika terkumpul akan menjadi modal untuk anda berbisnis. pelajari cara membuat blog pada situs ini di artikel lain. dan pelajari pula bagaimana mempromosikannya supaya mendapat banyak pengunjung. semua sudah kami sediakan di halaman lain situs ini.
  • Atau anda memiliki keahlian dalam hal desain, pemrograman, anda juga bisa membuat desain untuk dijual atau menjadi developer misalnya untuk android yang juga sudah kami uraikan dalam artilel yang lain di situs ini. yang terpenting adalah jangan menyerah dan galilah informasi sedalam mungkin. maka impian anda membuat sebuah usaha akan tercapai. 
demikian ini hanya gambaran, yang mudah mudahan akan memberikan semangat motifasi untuk anda membangun usaha dan ikut bersaing dalam dunia usaha. menjadi pribadi yang succes. dan jangan menyerah karena kesuksesan tak akan didapat tanpa anda mempelajari kegagalan.
Share this article

0 comments:

Post a Comment