Sunday, June 3, 2018

...

Panduan sebelum membeli atau merakit komputer dan laptop

HugoBremmer | 7:26 AM | | |
hal yang perlu diperhatikan sebelum merakit komputer

Buat anda yang ingin merakit komputer, namun bingung hal apa saja yang diperlukan dalam merakit komputer. mungkin artikel ini akan bisa sedikit membantu. dalam merakit komputer, selain budget yang harus diperhatikan adalah keperluan komputer yang akan anda rakit untuk hal apa. meskipun pada dasarnya tiap komputer memiliki fungsi yang sama, namun ada hal hal yang harus diperhatikan sebelum anda merakit kemputer. hal ini berkaitan dengan fungsi performa dan juga dalam mengoptimalkan budget. 

komputer memiliki spesifikasi yang berbeda beda, yang akan berpengaruh terhadap performa disaat komputer itu digunakan nanti. namun akan sia sia budget yang anda keluarkan jika anda merakit komputer dengan spesifikasi yang tinggi namun penggunaanya hanya untuk keperluan office saja. 

misalnya saja kantor anda akan merakit komputer untuk karyawan anda, fungsi yang digunakan hanya untuk keperluan input data pembukuan atau surat menyurat, pembuatan laporan dan sejenisnya. maka anda tidak diharuskan menggunakan komputer dengan kartu grafis yang memiliki resolusi yang tinggi yang biasa digunakan untuk memainkan game dengan frame rate yang tinggi atau desain. sebaliknya jika anda ingin merakit komputer untuk memainkan game yang membutuhkan frame rate yang tinggi seperti GTA 5 misalnya yang tergolong dalam game AAA maka jika anda merakit personal komputer yang tidak sesuai maka anda akan kecewa.

hal ini juga berguna disaat anda ingin membeli sebuah laptop.

artikel ini di tulis berhubung banyak yang sering menyakan berapa dana yang diperlukan untuk merakit sebuah komputer. sementara untuk merakit sebuah komputer bisa sangat berfariasi dana yang dikeluarkan dari hanya hitungan 1 juta lebih smpai dengan ratusan juta dalam kurs rupiah.

kemudian hal apa saja yang harus anda ketahui sebelum merakit atau memesan personal komputer atau laptop. karena kebanyakan orang dalam membeli barang elek tronik khususnya komputer nereka hanya terpaku kepada merek saja.

berikut ini hal mendasar yang perlu anda perhatikan dan ketahui sebelum membeli atau merakit komputer dan laptop.

  • perhatikan untuk keperluan apa anda membeli komputer atau laptop. jika anda hanya untuk keperluan kantor anda bisa membeli atau merakit komputer dengan spesifikasi yang standard. digunakan seperti misalnya prosesor yang digunakan cukup core i3 dengan frekuensi 2,8GHZ, jumlah kapasitas ram 2 atau 4gb, jumlah kapasitas harddisc standard 500gb dan biasanya untuk kantor memerlukan optical drive untuk burning data sehingga anda jika ingin membeli jangan notebook namun laptop atau pc.
  • namun jika anda ingin membeli atau merakit untuk membuat desain maka anda harus memperhatikan spesifikasi yang dibutuhkan sesuai dengan software yang akan anda gunakan. sebelum membeli anda coba browsing berapa minimum requirement software yang akan anda gunakan. karena untuk game atau program desain pada umumnya membutuhkan spesifikasi yang tinggi terutama pada GPU atau graphic card.
  • setelah anda tau berapa minimal spesifikasi komponen pada komputer seperti prosesor, ram, graphic card, maka anda bisa mengkalkulasi berapa budget yang akan anda perlukan. namun hal  yang harus anda ketahui untuk prosesor tertentu membutuhkan soket pada motherboard yang sesuai, dan untuk menyuplai tengangan juga dibutuhkan tengangan yang sesuai dengan spesifikasi yang akan anda rakit, sehungga dalam hal ini anda juga harus memperhatikan jenis power suppy dan motherboard. 
  • sebagai tempat penyimpanan juga anda haruse memperhitungkan kira kira kapasitas berapa yang akan anda perlukan dan untuk komputer dengan keperluan kecepatan rendering yang tinggi sebagai tempat penyimpanan system sebaiknya menggunakan SSD sebagai tempat menginstal system operasi.
demikian ini sebagai dasar yang harus anda perhatikan, sebelum terburu-buru untuk membeli laptop atau merakit komputer.
semoga artikel yang sedikit ini bisa bermanfaat buat anda.
Share this article

0 comments:

Post a Comment