Monday, June 4, 2018

...

Menjadi Youtuber Untuk Meraup Dolar

HugoBremmer | 12:35 AM |
menjadi youtuber untuk meraih dolar


Belakangan ini sangat marak dan muncul banyak sekali youtuber baru yang ingin mendapatkan dolar dari video yang mereka upload. namun ternyata hanya beberapa persen dari mereka yang tetep bertahan. kenapa hal ini bisa terjadi?  kebanyakan dari mereka hanya melihat para youtuber yang sudah succes meraup banyak penghasilan dari video yang mereka upload. tanpa memperhatikan berapa lama mereka berupaya untuk mencapai hal itu. seperti halnya sebuah applikasi di android, situs web atau blog. untuk dikenal dan mendatangkan banyak pengunjung diperlukan banyak sekali usaha yang harus dilakukan. dan disini tantangan yang harus dihadapi. karena pada intinya untuk mendapatkan penghasilan dari youtube kita dituntut untuk mendatangkan banyak pemirsa yang akan disuguhi content iklan yang muncul. dan tentunya semakin banyak yang membuka chanel kita semakin banyak pula yang melihat iklan dan pihak pengiklan akan memberikan bayaran untuk jasa kita menayangkan iklan mereka. ukuran kesuksesan sebuah channel youtube adalah seberapa banyak subscriber channel youtube tersebut. yang untuk mendatangkan subscriber banyak tentunya membutuhkan beberapa upaya. subsriber itu sendiri adalah orang yang berlangganan sebuah chennel youtube. jadi sudah pasti untuk mendatangkan pelanggan tentu kontent anda harus menarik dan selalu update.

untuk menjadi youtuber baru, hal apa saja yang harus diperhatikan supaya usaha anda tidaklah sia sia, mari kita ulas satu persatu.
  • membuat account youtube
membuat account youtube sedah pasti hal pertama yang harus anda lakukan. pertama anda harus membuat email dari google mail. dan untuk pengguna handphone android akan lebih mudah karena account ini diperlukan untuk mengoperasikan handphone dan pastinya sudah memiliki account email semua. namun yang pasti jangan sampai lupa account email anda untuk alamat email, kata sandi, dan jika sampai lupa maka yang harus anda siapkan sebelum anda lupa adalah, tanggal anda membuat email, nomor telepon untuk pemulihan, nama lengkap anda sesuai dengan yang anda bikin. dan jika anda memiliki lebih dari satu email, lebih baik anda tautkan untuk pemulihan. hal ini penting hingga jangan sampai ketika handphone anda hilang arau rusak, usaha yang sudah anda lakukan untuk menjadi youtuber akan sia sia. setelah itu anda tinggal masuk ke youtube dan membuat channel.

  • menyiapkan tema untuk content
ini hal penting yang harus anda pikirkan, siapkan konsep content video yang akan anda upload, ada beberapa hal yang harus anda pikirkan untuk menyiapkan tema content video anda. diantaranya sebagai berikut:
  1. content video anda harus menarik, hal ini akan berpengaruh terhadap subsciber anda kelak, sehingga mereka berlangganan channel anda, namun sebisa mungkin berhubungan dengan hobi anda, supaya anda tidak bosan kelak dan menyerah ditengah jalan. dan tentunya meskipun anda belum mendapatkan traffic yang tinggi tetap akan anda jalani karena itu hobi anda. 
  2. jangan mengupload video yang memiliki hak cipta. kenapa demikian, karena usaha anda akan sia sia. misalnya saja anda download video diyoutube dan meng upload ulang, meskipun anda mengedit content supaya tidak dideteksi algoritma mesin youtube namun jika pihak yang memiliki content tersebut melakukan claim maka anda hanya akan buang buang waktu saja.
  3. jika anda ingin mengupload ulang seperti membuat lyrik lagu, membuat cover musik, dan sejenisnya maka anda harus membeli lisensi ke pihak yang memiliki hak cipta.
  4. jangan membuat content yang merugikan pihak lain seperti mengandung fitnah atau sara. meskipun terkadang hal ini mampu mendatangkan banyak pengunjung namun juga bisa membawa anda keranah hukum. dan tentunya yang pasti akan mengurangi kenyamanan hidup anda.
  5. jangan memakai opening video  yang terlalu lama. cukup berikan beberapa detik saja atau bisa ada sisipkan ditengah video (jika itu merupakan banner channel anda). karena kebanyakan pengunjung hanya ingin melihat isi content, bukan keahlian anda dalam membuat openning video. kecuali video anda berisi tutorial menggunakan applikasi pengolah video.
  • melakukan promosi
ini hal terpenting yang harus anda lakukan. tanpa melakukan promosi channel anda, anda akan kesulitan mendapatkan pengunjung. dan kebanyakan youtuber baru patah semangat di tahap ini. namun mudah mudahan bagi anda yang baru menjadi youtuber atau baru akan memulai bisa mendapatkan gambaran dari hal ini.
untuk mempromosikan video anda, banyak hal yang bisa anda lakukan.

  1. meminta bantuan seluruh kawan kawan anda untuk subskribe dan melakukan share ke sosial media. meskipun hal ini bisa dibilang tidak seberapa jumlah kawan anda namun bisa untuk awal memulai anda mempromosikannya.
  2. Gunakan sosial media anda sebagai ajang promosi, seperti facebook, instagram, twetter dan lainnya. 
  3. buatlah halaman facebook untuk mereview content channel video anda. dengan begitu anda akan lebih mudah mempromosikannya tanpa dianggap spam.
  4. ikuti group group sosial media yang sesuai dengan isi content video anda. disitu akan lebih banyak orang yang sesuai dengan pemikiran dan hobi anda sehingga lebih banyak tertarik untuk mengunjungi.
demikian hal dasar yang harus anda lakukan untuk menjadi bagian dari channel youtube.
Share this article

0 comments:

Post a Comment