Thursday, June 21, 2018

...

Menginstall Windows di Laptop Dengan Bios Terkunci

HugoBremmer | 7:40 AM |
mengatasi bios terpassword

Jika anda membeli laptop 2nd / second dan ternyata bios terkunci, sementara dengan melepas baterai cmos tidak bisa menyelesaikan masalah, maka anda harus menginstal ulang bios atau flashing bios, namun untuk melakukan ini anda harus memiliki alat khusus bios programmer karena dengan update melalui USB juga tidak bisa kerena bios terkunci. atau anda harus membayar lumayan mahal ke service center untuk melakukan flashing bios. 
Namun jangan khawatir, karena masih ada solusi untuk memecahkan permasalahan ini, dan sudah pernah kami coba berkali kali tanpa kegagalan. yang perlu anda perhatikan adalah jenis prosesor pada laptop anda apakah menggunakan jenis prosesor dari intel atau AMD. dan anda persiapkan leptop atau komputer dengan jenis prosesor dari produsen yang sama. (spesifikasi prosesor tidak harus sama). namun tidak menutup kemungkinan prosesor dari produsen yang berbeda juga bisa dilakukan namun kami tidak merekomendasikan. 
Setelah anda mendapatkan pc lain bisa dengan meminjam teman atau saudara, lakukan langkah langkah berikut ini:
  • anda lepas HDD dari laptop anda yang biosnya terkunci. 
  • buat bottable FDD atau juga bisa pake DVD, cara membuat bottable FDD kami jelaskan dalam artikel lain di blog ini silahkan dicari dalam sitemap. 
  • lepas juga HDD pada PC atau laptop yang lain dimana bios tidak terkunci dan pasang HDD yang ingin anda install ulang tersebut di laptop atau PC yang tidak terkunci biosnya tersebut
  • masuk kepengaturan bios bisa dengan menekan F2 atau Delete atau sesuai dengan jenis laptop atau komputer anda, (bisa anda lihat pada keterangan saat mulai bototing awal) untuk masuk ke pengaturan bios dan setting bootable pertama ke FDD, atau bisa juga dengan menekan F11 dan pilih booting dengan menggunakan Flashdisc tempat anda memasang installer windows. (jika anda menginstall dengan FDD)
  • setelah booting dengan USB lakukan penginstalan seperti biasa anda menginstall windows jika belum paham bagaimana menginstall ikuti langkah berikut ini:
  1. setelah booting dengan USB atau DVD tempat windows installer anda simpan tunggu sejenak hingga masuk pilihan bahasa, zona waktu dan jenis kyboard, anda pilih bahasa default US, Time Zone sesuai negara anda, Disini kami menggunakan Zona waktu Indonesia, Dan Kyboard Default US.
  2. anda langkah kedua anda pilih custom (advanced) dan kemudian centang Agree.
  3. pada pilihan partisi anda harus berhati2 jangan sampai salah dalam memilih pastisi yang berisi data penting anda. pilih pada partisi dimana sebelumnya terinstall windows supaya data di directory tempat menyimpan data tidak terhapus. dan sebelum anda lepas HDD di awal usahakan data di My Document, Download, Picture, Music, Videos sudah anda copy ke drive lain misal drive D atau yg lain. anda perhatikan jumlah kapasitas tiap partisi antara C,D,E atau lainnya sehingga tidak salah mengintall atau anda kasih nama tiap Drive yang berbeda beda supaya aman data anda.
  4. setelah anda yakin dimana mau menginstall windows anda bisa melakukan format partisi tersebut atau bisa juga delete partisi dan jika delete partisi maka System Reserved sebaiknya juga di delete kemudian kreate partisi dan klik next.
  • setelah proses install dan komputer restart anda matikan PC atau Laptop Tersebut dan lepas HDD kemudian pasang di laptop yang mengalami bios terkunci dan lanjutkan instalasi.
  • kemudian install driver sesuai dengan laptop anda, dan jika anda tidak memiliki driver bawaan, bisa dengan driver pack, atau anda download sesuai spesifikasi, atau jika memiliki koneksi internet, anda juga bisa menggunakan driver Easy, yang otomatis menginstall dan update sesuai kebutuhan laptop anda
  • dan kemudian install applikasi sesuai kebutuhan anda
Demikian cara menginstall windows pada laptop yang terkunci biosnya. semoga bisa membantu.
Share this article

0 comments:

Post a Comment