Sunday, June 24, 2018

...

Merubah Partisi Drive Tanpa Install Ulang

HugoBremmer | 12:58 PM |
cara menambah kapasitas dive d tanpa install ulang

Anda pengguna Operating System Windows? dan anda menggunakan banyak applikasi yang terinstall di drive C? atau anda menggunakan program desain yang kadang ketika menggunakan program tersebut Drive C tempat system anda terinstall menjadi penuh? anda ingin menambah kapasitas Drive C anda tanpa perlu ribet melakukan install ulang? atau anda ingin merubah jumlah partisi yang sudah ada, ingin menambah atau menggabungkan partisi yang sudah ada namun tanpa melakukan install ulang dari awal, tanpa kehilangan data anda? jika anda mengalami hal tersebut diatas namun malas pergi ke jasa service center, hal ini bisa anda lakukan sendiri dirumah dengan sangat mudah. dengan memanfaatkan salah satu fungsi dari tool gratis yang powerfull. 

MiniTool Partition Wizard free edition
sebelum kita melangkah bagaimana merubah partisi drive tanpa install ulang mari kita lihat apa saja fitur utama dari tool ini.


  • Basic Management
Aktifkan untuk mengelola partisi disk seperti membuat, menghapus, memformat, memisahkan, menghapus, menyejajarkan partisi, dan lainnya.

  • Extend System Partition
Perluas partisi sistem untuk menyelesaikan masalah ruang disk rendah dengan fitur Memindahkan / Mengubah Ukuran & Memperpanjang Partisi.
  • Convert Disk Partition Table
Konversikan disk non-sistem dari MBR ke GPT dan sebaliknya tanpa kehilangan data untuk mendukung drive besar atau OS penuh.
  • Convert File System
Konversikan NTFS ke FAT atau konversikan FAT ke NTFS tanpa memformat untuk mendukung OS Windows awal atau menyimpan file besar.
  • Set Primary/Logical
Atur partisi secara logis untuk membuat lebih dari empat partisi atau atur partisi utama untuk membuatnya aktif.
  • Copy Disk Partition
Salin partisi disk untuk peningkatan hard drive atau untuk cadangan data jika komputer Anda mengalami masalah.
  • Merge Adjacent Partitions
Gabungkan dua partisi yang berdekatan menjadi satu yang lebih besar dengan aman sehingga dapat memanfaatkan sepenuhnya ruang yang tidak terpakai.
  • Migrate OS to SSD
Migrasi OS ke SSD / HD untuk mendapatkan kinerja komputer yang lebih baik atau untuk mencadangkan OS untuk pemulihan sistem.
  • Surface Test
Periksa uji permukaan disk / partisi untuk mengonfirmasi apakah ada bad sector di lokasi target.

kemudian berikut ini cara melakukan perubahan jumlah kapasitas partisi. dalam contoh ini kita akan mencoba menambah partisi di drive C dengan mengurangi jumlah kapasitas partisi di drive D.

  1. install MiniTool Partition Wizard free edition kedalam komputer anda dengan klik next ( didalam installasi terdapat include install opera browser, jika anda tidak ingin menginstall opera hilangkan cek list padapasang perambah opera)
  2. buka MiniTool Partition Wizard free edition, klik pada pilihan MiniTool Partition Wizard free
  3. setelah itu akan masuk pada menu utama program, pada bagian disk yang akan di kurangi jumlah partisi untuk digabungkan ke Drive C  misalnya disk 1 > kemudian partisi D anda klik pada bagian drive D. (partisi yang akan digabungkan harus berdekatan letaknya)
  4. cara 1. 
  • anda klik Move/Resize partition. kemudian setelah muncul halaman pengaturan, anda geser jumlah kapasitas yang akan dikurangi sesuai dengan yang akan anda gunakan.
  • kemudian klik Drive C, dan seperti pada langkah sebelumnya, anda geser ke kanan untuk menambah kapasitas partisinya.
  • kemudian klik Apply pada pojok kiri atas.
           Cara 2
  • Klik Pada drive D dan kemudian anda klik Delete partition. (sebelum anda lakukan hal ini copy seluruh data di drive d ke drive yang lainnya karena data akan terhapus semua pada Drive yang di delete)
  • kemudian pada drive C klik Move/Resize partition. dan geser ke kanan sampai dengan jumlah kapasitas partisi yang anda inginkan.
  • pada sisa partisi yang belum dibuat atau unlocated partition di klik dan create partition
  • kemudian klik apply.
      Catatan : pada kedua cara diatas sebelum anda klik apply partisi belum berubah dan jika delete partition data belum hilang atau partisi belum terhapus hingga anda mengklik apply.

demikian cara menambah kapasitas partisi pada drive C atau sejenisnya menggunakan MiniTool Partition Wizard free edition.

untuk mendownload MiniTool Partition Wizard free edition bisa anda lihat pada bagian Applikasi pada situs ini. jumlah kapasitas program 72,1 MB. link kami berikan di halaman Applikasi.



Share this article

0 comments:

Post a Comment