Thursday, May 24, 2018

...

Langkah - Langkah Menjadi Android Developer

HugoBremmer | 12:32 PM |
Langkah - langkah menjadi android developer

Pengguna hand phone android saat ini sudah merambah segala kalangan masyarakat bahkan seolah menjadi kebutuhan pokok dalam masyarakat. tidak hanya berfungsi sebagai alat komunikasi handphone android juga menjadi alat penghilang kejenuhan disaat tidak ada kegiatan, salah satunya dengan bermain game. masyarakat lebih memilih menggunakan fasilitas yang ada dari aplikasi yang ada di handphone android daripada menggunakan fungsi telepon dengan layanan GSM karena dirasa lebih murah dengan menggunakan layanan data dan kadang jika dalam area hotspot malah menjadi gratis. seperti yang populer di indonesia masyarakat lebih senang berkomunikasi menggunakan whatsapp, massanger atau BBM dan banyak lagi lainnya. karena itu banyak bermunculan pengembang aplikasi yang biasa disebut sebagai developer. dari pihak android sebagai mana kita tau dimiliki oleh pihak google disediakan layanan market playstore untuk memasarkan applikasi yg kita buat.
kemudian dari mana para developer mendapat penghasilan dari applikasi yang dibuatnya? kita tau dialam playstore ada aplikasi yang berbayar juga gratis. untuk yang berbayar sudah jelas karena kita harus beli aplikasi tersebut kemudian untuk yang gratis dari mana mereka mendapatkan penghasilan?. disaat kita mengunduh aplikasi baik itu game, tema, tool, aplikasi buku dan sebagainya kadang kita sering disuguhkan pada iklan, dari iklan itulah mereka mendapatkan penghasilan. akan lebih besar hasil yang didapat jika kita sering mengklik iklan yang muncul. bisa kita umpamakan lakukan perhitungan jika sebuah aplikasi diunduh oleh seribu orang pengguna dan tiap pengguna mengklik iklan yang tampil, seumpama tiap iklan dihargai seribu rupiah maka sehari ia akan mendapatkan 1000 dikalikan seribu pengunduh. lumayan bukan? dan masih ditambah lagi iklan yang berupa banner meski lebih kecil pendapatannya dibanding yang kita klik. karena itu banyak bermunculan developer baru berlomba lomba membuat aplikasi. 
kemudian dari mana iklan itu ditampilkan? ada beberapa penyedia layanan iklan untuk android seperti admob dan juga baidu, anda hanya perlu mendaftar gratis ke situs tersebut dan akan diberi kode iklan yang nantinya akan di embed kedalam aplikasi atau game yang anda buat.

jika anda tertarik manjadi seorang developer hal apa saja yang harus anda lakukan?
untuk menjadi seorang developer anda diharuskan sedikit banyak menguasai bahasa pemrograman seperti java C# atau C++. namun untuk anda yang tidak bisa bukan berarti anda tidak bisa ikut barsaing dalam pasar applikasi. sekarang ini banyak situs web yang menyediakan layanan pembuat aplikasi dan anda hanya tinggal drop down sesuai dengan apa yang anda inginkan dan aplikasi langsung jadi tanpa anda harus tau ilmu pemrograman. salah satu situs tersebut misalnya andromob. disana anda bisa memilih beberapa opsi dari yang gratis sampai berbayar. tentunya dengan ketentuan dari pihak penyedia website.

setelah aplikasi jadi maka hal yang harus anda lakukan adalah memasarkan aplikasi tersebut, bisa melalui playstore dengan biaya pendaftaran 25$ atau bisa juga marketplace gratis lainnya seperti amazone, mobango, mobile 9 dan masih banyak lagi.

meskipun applikasi anda sudah masuk ke pasar aplikasi bukan berarti aplikasi anda akan pasti diunduh oleh banyak orang, sebagus bagusnya aplikasi akan sia sia jika tidak diketahui banyak orang karena itu anda harus mempromosikan atau mengiklankan aplikasi anda, dan disini perjuangan sesungguhnya dimulai. anda dapat mempromosikan aplikasi anda dengan banyak cara, melalui sosial media, membuat website yang mereviw aplikasi anda dan paling efektiv adala dengan beriklan. anda tinggal duduk manis dan biarkan iklan yang mempromosikan aplikasi anda. namun untuk beriklan anda harus membayar pihak ads.

demikian sekilas tentang bagaimana menjadi developer android.
untuk lebih detailnya anda bisa mengunjungi situs develper dan bergabung kedalam forum developer.

selamat mencoba semoga berhasil.
Share this article

0 comments:

Post a Comment