Thursday, May 24, 2018

...

Succses Berjualan Online

HugoBremmer | 1:34 PM |

Succses Berjualan Online


Pasar online saat ini menjadi pilihan banyak orang untuk berjualan, dikarenakan pasar online memiliki pangsa pasar yang bisa dibilang hampir tak terbatas ke semua negara sehingga semakin luas konsumen yang akan menjadi pengguna produk kita. dan bahkan kita tidak perlu membuat website untuk memasarkan produk kita karena begitu banyaknya market place yg bisa kita gunakan untuk berjualan, untuk kelas dunia seperti Ali Baba atau Amazone yang sudah kita kenal, dan di indonesia juga banyak bermunculan market place baru yang sangat populer seperti OLX, Buka Lapak, Sophie dan banyak lagi. bahkan sosial media seperti Facebook dan Instagram pun berubah menjadi ajang jualbeli. Namun akan lebih maksimal kita dalam berjualan jika kita memiliki website sendiri.

selain keuntungan diatas membuat toko online juga tidak harus memiliki atau menyewa tempat yang membutuhkan biaya besar seperti kita membuat toko di kota-kota atau pasar seperti yang sering kita jumpai saat berbelanja secara langsung. karena selain harus menyewa tempat juga membutuhkan sarana dan prasarana penunjang untuk berjualan seperti etalase dan lain sebagainya. dan juga pangsa pasar yang terbatas di daerah tersebut saja.

untuk membangun toko online hal yang harus kita persiapkan antara lain sebagai berikut:
  • menentukan atau menyediakan barang yang akan kita jual, memang kadang kita tidak harus memiliki barang yang kita jual secara langsung dengan cara menjualkan dari toko lain yang biasa disebut sebagai drop ship. namun hal itu terkadang membuat kita kesulitan disaat pembeli memesan barang dari kita namun stok ditoko yang kita ambil kosong, sehingga kita harus selalu cross cek komunikasi antara ketoko dan pembeli. dan akan memberikan poin negatif jika barang yang dipesan ternyata sudah tidak ada. dan juga harus benar benar tau toko tempat kita mengambil bukan merupakan dropship seperti yang kita lakukan, karena jika kita mengambil dari deopship selain harga semakin mahal juga akan lebih panjang jalur yang dilalui. karena itu lebih baik kita memiliki barang dagangan sendiri.
  • membuat website untuk jualan, kenapa kita perlu membuat website, karena dengan memiliki website selain pembeli akan lebih yakin kita akan lebih mudah mempromosikan website kita dengan layanan iklan seperti google ads atau facebook ads. sebaiknya kita menggunakan google ads supaya website kita selalu muncul dihalaman pertama mesin pencarian sehingga akan banyak mendatangkan traffic yang akan membuat dagangan kita laris.
  • mendaftar di situs penyedia layanan jualan online, meskipun kita sudah memiliki website sendiri kita juga harus memajang dagangan kita di market place seperti buka lapak dan yang lainnya. karena disitu selain lebih banyak di akses calon pembeli juga pembeli akan lebih yakin bahwa situs kita bukan situs penipuan. dan usahakan menggunakan account premium.
  • gunakan applikasi untuk menghandle komunikasi dengan pembeli, anda bisa mencari dan membeli applikasi yang bisa menghandle pemesanan dari pembeli sehingga memudahkan anda untuk memanage transaksi.
  • membuat account sosial media, account sosial media juga tidak kalah penting, disini anda bisa memilih teman yang tertarget sesuai produk yang akan anda jual. cara memilih teman misalnya anda menjual produk jilbab, maka anda mencari teman dari komunitas hijab yang ada di sosial media.
  • meminta aris sebagai endors dari produk anda. hal ini sangat berpengaruh terhadap hasil jualan anda. contohnya anda menjual jilbab, anda meminta bantuan artis yang berjilbab seperti saskia mecca untuk memakai jilbab dari anda dan bilang ke pada fansnya kalo pake jilbab dari toko anda, dan anda siap siap kebanjiran order dari para fans saskia mecca namun itu perlu biaya untuk menyewa artis sebagai endors.
  • bekerja sama dengan agen expedisi, hal ini diperlukan untuk mempermudah dalam pengiriman barang, sehingga anda tidak perlu datang ke agen untuk mengirimkan barang karena mereka sendiri yang akan mendatangi anda setiap hari.
demikian langkah langkah dalam membuat toko online yang bisa kami berikan semoga bisa membantu anda dalam membuat usaha dan semakin menambah lapangan pekerjaan. untuk lebih meningkatkan pengetahuan dalam membuka toko online bisa anda melakukan reset lebih jauh.
terima kasih.



Share this article

0 comments:

Post a Comment