Friday, May 25, 2018

...

Bitcoin

HugoBremmer | 3:34 AM |
tentang bitkoin dan bagai mana menambang bitcoin

Bitcoin

kepopuleran mata uang yang satu ini sudah tak diragukan lagi, ia begitu fenomenal setelah mencapai nilai tukar yang fantastis. namun mungkin dari sebagian orang ada yang masih belum faham dengan apa itu bitcoin?
bitcoin bisa juga disebut sebagi perangkat lunak yang open sources. bitcoin menggunakan jaringan peer to peer yang menjadikannya perangkat lunak tanpa memiliki tempat penyimpanan terpusat pada server tertentu saja. lalu bagai mana sebuah perangkat lunak disebut mata uang? bitcoin diciptakan oleh seorang dari jepang yang bernama satoshi nakamoto pada tahun 2009, konon pada awalnya bitcoin ini digunakan sebagai reward yang bisa dikumpulkan dan bisa ditukar dengan makanan di negara tersebut. dengan pemilik toko menukar kembali dengan uang kepada pemberi reward. karena pengembang bitcoin masih sedikit dan semakin banyaknya suatu instansi yang menerima penukaran bitcoin maka nilai tukar bitcoin makin tinggi. untuk meyediakan keamanan dalam menggunakan  bitcoin perangkat lunak ini menggunakan kriptografi sebagai keamanannya sehingga lebih dikenal sebagai mata uang cryptocurency.

ada beberapa hal yang bisa dilakukan seseorang untuk bisa mendapatkan keuntungan dari bernain cryptocurency ini. diantaranya adalah dengan investasi, menjalankan trading cryptocurency atau jualbeli mata uang ini. namun kita  tidak akan membahas hal ini dan akan lebih kepada proses yang disebut penambangan. untuk melakukan penambangan seseorang bisa melalui cloud mining ataupun menambang dengan komputer sendiri secara langsung. sistim penambangan dengan cloud mining atau dengan kata lain kita menyewa komputer dari penyedia penambangan yang entah tidak kita ketahui dimana tempatnya lebih beresiko karena hanya mengandalkan kepercayaan kita. dan jika sewaktu waktu perusahaan cloud mining tersebut tutup mungkin kita akan kesulitan mengklaim atau mengambil kembali uang kita, dan mungkin saja akan hilang, karena itu kita harus benar benar tau cloud mining yang benar-benar solid. dalam penambangan cloud mining ini lebih kepada investasi karena kita diharuskan menyewa komputer di cloud mining tersebut untuk kemudian kita gunakan untuk menambang, dan kita perlu bersabar dalam waktu yang lama untuk bisa sampai balik modal, kecuali seperti yang sudah pernah terjadi mata uang tersebut nilainya melambung tinggi, dan celakanya jika nilai mata uang tersebut jatuh. namun jika seseorang sudah balik modal dalam cloud mining ini mereka tinggal mendapatkan hasil saja. tanpa dipusingkan harus maintenance alat mining sendiri.

untuk proses mining sendiri kita dihadapkan pada beberapa pilihan yang harus benar benar diperhitungkan, jangan sampai nantinya salah perhitungan dan menjadi rugi.
pertama jenis alat apa yang akan kita gunakan untuk menambang juga harus dipikirkan. kita bisa menggunakan kartu gravis atau GPU juga ada alat mining yang sudah tinggal pakai seperti Ant mining. untuk menggunakan gpu hal yang harus diperhatikan adalah pemilihan hash rate yang tinggi. semakin tinggi hash powernya akan semakin cepat mendapatkan keuntungan. namun juga harus diperhitungkan dengan konsumsi daya listrik. sehingga perhitungannya berapa hasih pendapatan dari hash power yang kita miliki dipotong dengan biaya listrik tiap bulannya. sudah banyak alat kalkulasi untuk melakukan perhitungan tersebut di internet.
setelah itu kita bisa mengunduh perangkat lunak gratis di internet, proses menambang ini adalah tindakan yang legal atau tidak melanggar hukum. banyak perangkat lunak untuk menambang di internet seperti easyminer(tinggal klik saja dengan antarmuka yang mudah) CGminer, BFGminer(keduanya dengan perintah commandline)
setelah itu kita bisa bergabung kedalam pool atau kelompok penambang karena seperti yang diuraikan diatas bitcoin menggunakan jaringan peer to peer. diantara kelompok penambang yang populer adalah p2pool, BitMinter, CK pool, Slush Pool dan eligius. setelah kita bergabung kedalam kelompok penambang kita harus membuat dompet bitcoin atau walet bitcoin. banyak tersedia wallet bitkoin di internet anda bisa memilih yang menurut anda paling aman dan dengan fee kecil.
setelah itu semua kita tinggal jalankan software tersebut dan tunggu hingga bitcoin terkumpul kedalam wallet bitcoin kita. setelah bitcoin terkumpul kedalam wallet kita bisa menjual atau menukar kedalam mata uang yang kita inginkan.
demikian sekilas ulasan tentang proses penambangan bitkoin.



Share this article

0 comments:

Post a Comment