Thursday, June 28, 2018

...

Mendiagnosa Kerusakan Pada Laptop Bag 4

HugoBremmer | 12:56 AM |
cara mengetes dan mengganti mosfet pada laptop
Mosfet

Seperti disampaikan pada bagian ke 3 sebelumnya kerusakan pada laptop yang terjadi karena arus pendek yang disebabkan oleh putusnya atau short terjadi pada capasitor ceramic juga bisa terjadi pada komponen mosfet atau transistor. mosfet merupakan komponen yang pada laptop yang pada umumya secara fisik nampak berkaki 8  atau 5 namun sebenarnya hanya 3 yang ber fungsi karena biasanaya beberapa diantara kaki kaki komponen tersebut tergabung menjadi satu. dari ketiga kaki komponen tersebut merupakan gerbang dari Source (S), Gate (G), Drain (D) dan ada juga satu gerbang Body(B).

mosfet sendiri merupakan singkatan dari Metal Oxide Semiconductor Field Effect Transistor. yang merupakan bagian terkecil dari sebuah Integrated Circuit atau disingkat IC. atau bisa juga disebut bagian dari IC yang terpisah atau berdiri sendiri.

mosfet yang merupakan bahan semiconduktor berfungsi sebagai switch dan sebagai penguat sinyal.  terdapat 2 jenis mosfet yaitu depletion dan enchancement mode dan tiap jenis terbagi menjadi dua tipe yaitu tipe N-channel dan P- channel.

pada mode depletion apa bila ada tegangan pada kaki G maka sifat kondusi atau penghantar channel berada pada kondisi maksimum. Karena tegangan pada gerbang positif atau negative konduksi pada channel menurun. sementara pada mode enchancement ketika tidak ada tegangan pada G,  tidak akan bersifat penghantar. Tegangan yang meningkat pada Gate, maka sifat penghantar pada Channel semakin lebih baik.

kerusakan pada bagian ini mengakibatkan laptop sama sekali tidak dapat menyala namun kadang tidak menunjukkan tanda short apa bila diberikan tegangan dari power supply. biasanya jika kita pasang charging pada mainboard komponen ini akan terasa hangat atau bahkan panas. meski begitu bukan berarti kerusakan terjadi jika terjadi panas atau hangat pada komponen ini. karena bisa juga terjadi pada jalur yang short setelah komponen ini. karena itu diperlukan adanya skhematic seperti yang sudah dijelaskan dalam pembahasan sebelumnya.

untuk melakukan pengetesan pada komponen ini maka anda harus melepas komponen ini dari mainboard menggunakan pemanas atau blower, dengan cara memberikan sedikit fluks pada kaki kaki komponen untuk memudahkan timah cepat meleleh. dan anda bisa mengangkatnya.

setelah komponen terlepas anda lihat seri komponen yang tertulis di atasnya dan anda buka situs data sheet untuk mengetahui jenis dan tipe komponen juga skhema kaki kaki komponen. kemudian anda test menggunakan alat test seperti multi tester atau bisa anda masukkan teganggan pada kaki gate dan cek tegangan keluar apakah normal. seperti yang telah dijelaskan diatas.

untuk melakukan penggantian jika anda tidak bisa menemukan seri komponen yang persis, namun pastikan jenis dan tipe komponen sama sehingga tidak ada kesalahan arah arus. untuk itu anda bisa melihat jenis komponen untuk mengganti dengan melihat seri komponen di data shett kemudian anda samakan apakah sama atau tidak.

demikian cara mengetes dan mengganti komponen jenis mosfet.


Share this article

0 comments:

Post a Comment