Sunday, July 1, 2018

...

Mendiagnosa Kerusakan Pada Laptop Bag 6

HugoBremmer | 3:24 AM |
cara perbaikan kerusakan laptop pada IC Controller

Pada bagian ke 6 kita akan membahas kerusakan laptop yang di sebabkan rusaknya IC Controller, IC ini berfungsi mengontrol seluruh komponen utama pada laptop. seperti prosesor, vga, led/lcd, kyboards, usb,mouse/touchpad, power switch dan yang lainnya.

Ketika switch power ditekan, melalui IC Controller ini maka membuat seluruh komponen yang terhubung bekerja dengan teraliri arus listrik.kemudian akan membuat program BIOS yang berada di eeprom bekerja dan memberi perintah  sehingga terjadi booting Operating system yang terinstall di harddisc atau SSD.

maka jika terjadi kerusakan pada IC Controller ini akan terjadi kelumpuhan system. kerusakan pada IC ini kadang tidak serta merta membuat laptop tidak dapat dinyalakan. tergantung pada bagian kontrol mana yang terjadi kerusakan, karena IC ini merupakan gabungan dari banyak komponen, jika kerusakan terjadi pada bagian kontrol terhadap kyboard maka kyboard tidak dapat digunakan, jika pada bagian touchpad maka touchpad tidak dapat digunakan. terkadang kerusakan ic ini juga membuat laptop tidak dapat menyala atau hanya lampu indikator yang menyala jika terjadi kerusakan terhadap bagian kontrol komponen utama.

Untuk mwngecek kerusakan komponen ini bisa dilihat dari arus yang dihasilkan untuk menyuplai tegangan ke masing masing komponen, anda bisa lihat melalui schematic komponen yang terhubung ke komponen ini.

untuk mengganti komponen ini diperlukan alat solder dan blower, blower digunakan untuk melepas komponen, untuk mempepcepat pelepasan sebelum di blower solder kaki kaki komponen dengan timah dan fluks, kemudian panasi dengan blower sehingga komponen mudah lepas, sebelum benar benar terlepas harap hati hati jangan mengangkat komponen karena dapat mengakibatkan penampang tempat kaki kaki komponen ini melekat ikut terlepas, sehingga terputusnya jalur, dan tak lagi dapat memasang komponen penggantinya nanti.

Untuk memasang kembali komponen pengganti cukup gunakan solder dengan bantuan fluks sehingga kaki kaki terpasang sempurna. dan perhatikan pemasangan tidak dapat terbalik karena jika terbalik dan anda mengaliri arus listrik akan mengakibatkan kerusakan pada komponen pengganti tersebut. sebab arus yang masuk bisa saja mengenai pada kaki yang seharusnya memerlukan tegangan kecil atau malah yang seharusnya arah arus keluar.

Anda dapat membeli komponen pengganti ini di toko sparepart laptop yang juga di internet banyak dijumpai.

Demikian cara perbaikan terhadap kerusakan yang diakibatkan oleh komponen IC  Controller.
Share this article

0 comments:

Post a Comment