Thursday, July 19, 2018

...

EXCEL- Turorial Excel Lengkap Bekerja Dengan Excel 6

HugoBremmer | 5:37 AM |
< Sebelumnya   sitemap.

Pengaturan garis batas cetak dan margin pada excel

1. Membuat Garis Batas pada Excel

Ketika kita membuat data dengan Excel dan kemudian akan mencetak dalam bentuk document garis batas antar cell tu biasa disebut garis grid tidak akan nampak pada hasil cetak, karena itu diperlukan pemberian garis batas atau border. sehingga akan nampak garis batas antar cell ketika di cetak, kita juga bisa menentukan ketebalan garis batas tersebut. untuk menerapkan garis batas bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu sebagai berikut:

  • blok cell yang ingin anda berikan garis batas dengan klik  pada ujung cell dan menariknya, kemudian pada bilah alat Home > Font klik panah kebawah pada border yang ditandai dengan icon persegi empat dengan garis tengah yang membagi menjadi empat bagian. kemudian pilih tipe border dengan tanda jika garis dengan titik merupakan garis yang tidak tampak dan garis penuh merupakan garis pembatas yang nampak. cobalah dengan mengklik mana yang akan anda gunakan jika tidak sesuai bisa anda ulangi dengan jenis border yang lain. dalam simbol tersebut sudah diberikan keterangan seperti bottom border yang merupakan garis dibagian bawah saja, top border merupakan garis dibagian atas cell saja, all border memberikan garis pembatas diseluruh cell dan yang lainnya.
  • dengan melakukan klik kanan pada cell yang anda blok dan pilih format cell > border tab dan pilih jenis border yang anda gunakan.

2. Sheet option di dalam excel

Di dalam Excel terdapat pilihan lembar halaman untuk dicetak. pada umumnya garis grid tidak ikut tercetak. dan supaya garis grid ikut tercetak maka pada microsoft excel 2016 opsi pencetak garis grid dapat anda temukan di dalam pengaturan page layout. klik pada page layout kemudian pada bilah alat gridlines centang pada opsi print. jika anda menggunakan versi sebelumnya penaturan tersebut bisa anda temukan pada Page Layout > Sheet Options group > Gridlines. kemudian centang opsi print.

3. Margins di dalam excel

Margin merupakan area yang belum dicetak di sepanjang sisi kiri, kanan, atas, dan bawah halaman yang dicetak. didalam excel dalam satu lembar kerja anda hanya dapat mengatur satu margin yang sama.

Untuk mengatur margin, anda dapat melakukan dengan cara pilih Page Layout, kemudian klik margin dalam kelompok alat Page Setup. anda juga dapat mensetting margin secara manual seperti yang anda harapkan dengan memilih Costom Margin, kemudian masukkan nilai seperti yang anda harapkan.



Share this article

0 comments:

Post a Comment