Wednesday, July 11, 2018

...

Cara Membuat Pesan Auto Reply Pada Gmail Dan Whatsapp

HugoBremmer | 10:06 AM | |
Bagi anda yang menjalankan bisnis online, seperti berjualan di dunia maya, tentu tidak bisa setiap saat melayani pembeli yang menghubungi anda, dan kadang juga jumlah permintaan dari banyak konsumen yang membuat anda atau karyawan anda tidak bisa membalas pesan dari konsumen dengan cepat. hal ini tentu akan mengurangi kepuasan pelayanan dari konsumen. Untuk mengatasi hal ini maka anda harus memberikan pesan yang akan secara otomatis menjawab ketika ada pesan masuk, sehingga konsumen akan merasa diperhatikan. dan meski layanan ini sudah ada sejak lama untuk jenis email namun untuk pesan melalui whatsapp tidak dapat dilakukan dari applikasi whatsapp messenger.
artikel ini akan memberikan informasi kepada anda yang masih merasa bingung atau belum tau, sehingga bisa menerapkan pesan yang otomatis akan menjawab setiap pesan yang masuk.

  1. Gmail Vacation Responder.
untuk membuat sebuah bot, yang akan secara otomatis menjawab pesan yang masuk ke dalam email gmail anda ikuti langkah - langkah berikut ini.
  • masuk ke ke dalam account gmail anda 
  • klik pada gambar roda gigi. kemudian pilih setting
  • schrool ke bawah dan temukan bagian menu Vacation Responder.
  • centang pada Vacation responder on dan biarkan jangka waktu akhir kosong jika anda tidak menjadwlkan sampai kapan pesan bot ini berakhir waktunya.
  • masukkan kalimat pada bagian subject, bisa berisi nama toko anda kemudian ketikkan pesan yang akan anda kirim sebagai pesan bot anda pada bagian message.
  • jika anda hanya ingin memberikan pesan hanya kepada seluruh kontak yang sudah anda simpan maka centang bagian Only send a response to people in my Contacts. namun jika kepada seluruh orang yang menghubungi anda abaikan / jangan berikan tanda cek pada bagian ini.
  • kemudian klik pada tombol save changes.
cara seting pesan otomatis membalas pada gmail

dan anda bisa mengetes dengan mengirimkan pesan ke email tersebut dengan email lainnya.


  2. WhatsApp Business
cara membalas pesan whatsapp otomatis


Untuk whatsapp memang banyak applikasi auto reply yang bisa anda gunakan, dan sebagian membutuhkan akses root karena mereka bukan begian dari applikasi whatsapp atau merupakan applikasi yang terpisah. namun ada juga yang tidak membutuhkan akses root. namun pada kali ini kita akan menggunakan applikasi yang memang buatan dari WhatsApp Inc. Yaitu WhatsApp Business.

dengan whatsapp business anda dapat menggunakan sekaligus dalam satu gadged anda bersamaan dengan whatsapp messenger. namun dengan nomor yang berbeda. untuk keperluan pribadi anda, anda bisa menggunakan whatsapp messenger. dan untuk bisnis anda anda gunakan whatsapp business.

Whatsapp business bisa anda download di playstore dan memiliki fitur seperti dalam whatsapp messenger namun dengan beberapa tambahan fitur lain seperti misalnya :
  • Mengirim pesan otomatis kepada pelanggan/ atau konsumen anda
  • menerima pesan dan telepon melalui nomor telepon tetap, untuk menerima kode melalui panggilan telepon dengan cara melakukan  verifikasi, pada opsi Hubungi saya.untuk menerima kode melalui panggilan telepon.
Demikian cara yang bisa anda gunakan untuk menjaga konsumen anda agar tidak kecewa dengan lambatnya respon dari anda. yang mungkin dikarenakan anda sedang sibuk atau bepergian.

Share this article

0 comments:

Post a Comment