Monday, July 9, 2018

...

Cara mengatasi lupa pola atau pin kunci layar pada android

HugoBremmer | 12:08 PM |
cara mengatasi lupa pola pada android

Jika anda mengalami lupa pola atau pin pada layar android anda mungkin anda berfikir hanya dengan melakukan flashing atau melakukan reset ulang android anda, anda bisa menggunakan android anda kembali. namun kadang ada file penting atau foto kenangan yang sayang jika harus hilang ketika anda melakukan reset atau kembali kepengaturan pabrik. atau jika melakukan flashing, meski bisa tanpa menghapus data namun anda harus mengeluarkan uang jika tidak dapat melakukannya sendiri. atau bisa saja dengan melakukan flashing, dan jika gagal akan menambah permasalahan baru.

Sebelum anda melakukan hal itu ada baiknya anda coba langkah langkah berikut ini untuk membypass kunci layar pada android anda.
1. Menggunakan fasilitas lupa pola pada perangkat android anda. fasilitas ini hanya bisa digunakan pada android 4.4 kebawah.

  • masukkan pola terserah anda sampai 5 kali hingga muncul peringatan untuk membuka kembali setelah 30 detik.
  • pada saat pesan ini muncul anda klik bagian bawah layar yang bertuliskan forgot pattern
  • masukkan account google yang anda gunakan pada perangkat tersebut beserta kata sandinya
  • kemudian melalui komputer anda buka email yang tadi anda msukkan. maka anda akan dikirimkan kata sandi untuk membuka layar tersebut. dan setelah itu anda ganti kunci layar anda dengan kunci yang mudah anda ingat.

2. Menggunakan fasilitas dari google ( cara ini tidak dapat digunakan untuk android 8.0 keatas) dan untuk menggunakan cara ini anda harus mengaktifkan fitur temukan perangkat saya pada menu pengaturan > Keamanan > administrator perangkat.
  • Anda coba untuk masuk ke dalam email google yang anda gunakan pada smartphone android anda dengan menggunakan komputer yang terhubung dengan internet. 
  • buka situs Gmail dengan mengetikkan mail.google.com atau dengan mesin pencari ketikkan gmail dan anda login menggunakan account anda.
  • Pada bagian kanan atas klik pada  bagian google apps yang bertanda kotak sembilan buah. dan kemudian klik bagian account.
  • dan schrool kebawah, pada pojok kiri bawah klik bagian find your phone. jika anda menggunakan satu account untuk lebih dari satu ponsel maka pilih ponsel yang akan anda buka kunci layarnya.
  • anda akan diminta untuk memasukkan password lagi kemudian kilk pada icon locate. dan klik bagian kiri pada menu setup secure and erase dengan menu ini anda dapat menghapus data ponsel tanpa peringatan dengan menyetel ulang data pabrik. sehingga jika ponsel anda hilang akan mengamankan data pribadi anda. kemudian fitur ubah sandi pembuka kunci layar dan fitur kunnci layar yang mengontrol cara dan kapan layar mengunci. disini kita akan menggunakan fiture lock yang akan mengunci layar android anda dengan kode yang baru.
3. Menggunakan layanan dari samsung pada fitur temukan ponsel saya, jika anda menggunakan perangkat samsung. dan sebelumnya pada perangkat anda harus sudah mengaktifkan account samsung.
  • Masuk pada account samsung dari web browser menggunakan komputer atau gadget lain yang terkoneksi internet.
  • kemudian klik pada kunci layar saya di bagian sebelah kanan.
  • masukkan pin baru yang akan anda gunakan dan klik tombol kunci.
  • kemudian segera buka kunci pada perangkat anda dengan kata sandi yang baru anda masukkan.
4. Cara ke 4 ini mudah namun hanya bisa dilakukan jika perangkat android anda sudah mengaktifkan fitur USB debugging mode. dan juga dukomputer anda harus terinstal  ADB Driver dan fastboot, anda dapat downlaod file tersebut. kemudian ekstract. dan lakukan penginstalan.


  • Sambungkan android anda dengan menggunakan kabel USB ke komputer dalam keadaan hidup
  • Buka command prompt dalam directori tempat anda menginstall ADB tersebut dengan menekan ctrl + shift kemudian Klik kanan dan pilih open command window here.
  • kemudian ketikkan perintah berikut adb shell rm /data/system/gesture.key seperti pada contoh berikut ini dan tekan enter
  • maka kemudian android anda akan melngalami restart dan ketika sudah menyala segera anda ganti kunci screen dengan yang baru.
Jika ke 4 cara ini tidak berhasil maka anda harus mereset ke data pabrik dengan mematikan android anda dan menekan tombol power bersamaan dengan tombol volume. untuk setiap merek memiliki cara yang kadang berbeda. ada yang menggunakan tombol power + volume UP, ada yang menggunakan tombol power + volume Down, ada dengan kombinasi semuanya. dan ada juga dengan menekan power + Vol UP + home. anda bisa mencoba hingga berhasil.
kemudian anda geser dengan tombol volume untuk memilih menu. dan pilih pada wipe data and cache kemudian tombol power untuk ok. namun perhatikan sebelum melakukan hal ini anda harus mengingat accound google anda atau account sesuai dengan ponsel anda misalnya xiaomi. jika anda lupa maka hal ini akan menambah permasalahan baru untuk anda. jika anda lupa maka anda bisa melakukan flashing namun perhatikan jangan anda centang bagian clear data and user account. sehingga data dan account pengguna tidak hilang dan anda dapat menggunakan smartphone anda.
Share this article

0 comments:

Post a Comment