Friday, July 20, 2018

...

EXCEL- Turorial Excel Lengkap Bekerja Dengan Excel 8

HugoBremmer | 10:54 AM |

pengaturan excel pada tata letak pencetakan

1. Membekukan baris atau kolom cell 

Ketika anda membuat judul atau nama keterangan dari suatu data pada lembar kerja, ketika anda menggulir kebawah maka judul tersebut tidak akan tampak. karena tertutup oleh halaman dibawahnya, namun jika anda ingin tetap menampilkan baris judul tersebut anda bisa menggunakan bilah alat freeze, yang masuk dalam kelompok alat view. dengan begitu ketika anda menggulir lembar kerja baris judul tersebut tetap akan nampak. 
berikut ini langkah yang bisa anda lakukan ketika anda membekukan atau menggunakan alat freeze untuk baris judul ataupun kolom judul:
Klik pada view tab pada bilah alat kemudian kelompok alat window klik freeze panes, disitu anda akan diberikan tiga opsi yaitu :

  • Freeze Panes : untuk membekukan baris tertentu klik shell dibawah baris yang akan anda bekukan kemudian pilih freeze panes. dengan begitu baris diatas cell yang anda klik akan dibekukan dan ketika anda menggulir lembar kerja bagian yang dibekukan tidak akan ikut tergulir.
  • Freeze Top Row : dengan meng klik ini maka baris pertama akan otomatis dibekukan sehingga ketika kita menggulir lembar kerja baris pertama akan tetap terlihat.
  • Freeze First Coloum: akan membekukan kolom pertama yaitu kolom A, dan ketika kita menggulir ke kiri maka kolom A akan tetap tampak.
  • Unfreeze panes: opsi ini akan mengembalikan baris atau kolom yang dibakukan kembali seperti semula atau jika digulir akan tertutup lembar kerja berikutnya.
2. Memisahkan halaman cetak yang di kehendaki pada Excel 

Ketika kita menghendaki halaman baru pencetakan pada baris atau kolom  yang seandainya dicetak akan tercetak dalam satu halaman yang sama maka kita bisa menyispkan page break baik secara vertikal maupun horizontal. sehingga kita bisa mencetak setiap halaman pada lembar yang terpisah.

Untuk melakukan hal itu ikuti langkah langkah berikut ini!
klik pada cell yang ingin anda pisahkan di halaman percetakan, atau bisa mengetikkan pada Name Box yang terletak di sebelah kiri atas dibawah bilah alat. misalnya anda ingin setelah baris ke 20 anda akan mencerak pada lember yang ber beda maka ketikkan 21A kemudian klik page break, dan insert page break. 
  • untuk memisahkan halaman secara baris atau horizontal maka klik pada kolom A atau B dan baris ke berapa.
  • untuk memisahkan kolom secara vertikal maka anda bisa klik pada kolom sesudah garis page break akan dibuat.
  • Untuk menghilangkan garis pemisah atau page break maka pilih pada garis pemisah yang dibuat kemudian klik remove page break, atau jika ingin membuang semua garis pemisah maka pilih reset all page breaks.
3. Membuat Orientasi halaman cetak pada excel

orientasi halaman memungkinkan anda memilih jenis hasil cetak secara memanjang ataupun melebar, dengan dua opsi yaitu potrait atau memanjang dan landscape atau melebar. sehingga anda dapat menyesuaikan hasil cetak dengan isi dokumen supaya tidak terpotong.
untuk memilih orientasi halaman lakukan langkah berikut!
klik pada bilah alat Page layout dan kemudian pada kelompok alat page setup klik oientation dan anda klik potrait atau landscape sesuai keperluan anda.
Share this article

0 comments:

Post a Comment