Friday, July 20, 2018

...

EXCEL- Turorial Excel Lengkap Bekerja Dengan Excel 9

HugoBremmer | 12:10 PM |

Header fotter, latar belakang dan pemformatan excel

1. Header dan Footer pada Excel

Secara default lembar kerja excel tidak memiliki header dan footer, header sendiri adalah informasi yang terdapat dibagian atas lembar kerja cetak, sementara footer berada dibagian bawah lembar cetak.
Untuk menambahkan header dan footer klik pada bilah alah page layout kemudaian pada kelompok alat page setup pada pojok kanan bawah klik icon panah dalam kotak kecil dan akan muncul kotak dialog baru. pilih pada header/footer jika dan anda pilih keterangan yang akan dimasukkan, bisa berupa nomor halaman atau pun anda masukkan keterangan sesuai keinginan dengan meng klik custom header dan custom footer yang akan memunculkan kotak dialog baru untuk memasukkan teks yang anda inginkan.

2. Gambar latar belakang.

Pada opsi gambar latar belakang Excel dengan memasukkan bambar latar belakang dari bilah alat page layout kemudian kelompok alat page setup background, dan anda bisa memasukkan gambar dari tiga opsi yaitu dari komputer anda, menggunakan mesin pencarian bing, dan cloud One Drive. namun gambar yang anda gunakan tersebut tidak akan tampil ketika anda mencetak dokumen. untuk mengatasi ini anda bisa memilih alternatif lain yaitu  anda dapat memasukkan Shape, WordArt, atau gambar pada lembar kerja Anda dan kemudian menyesuaikan transparansi. Kemudian salin gambar ke semua halaman yang dicetak. Anda juga dapat memasukkan objek dalam header atau footer halaman.

3.Conditional Formating di  dalam Excel

Fitur Conditional Formating di Excel memungkinkan Anda memformat berbagai nilai sehingga nilain yang di luar batas tertentu, akan diformat secara otomatis .Misalnya anda memberikan format dengan nilai antara 0 sampai dengan 100 dengan warna merah, kemudian 101 sampai dengan 500 dengan warna kuning, 501 sampai dengan 1000 dengan warna gijau dan lainnya. maka anda bisa menggunakan Conditional Formating Colour Scale.

Untuk mengaktifkan fitur tersebut lakukan langkah berikut ini!
 pilih Bilah alat Home kemudian kelompok alat style dan kemudian klik Conditional Formating. dan anda akan di hadapkan dengan beberapa pilihan anrata lain:
  • Highlight Cells Rules: Opsi untuk membuka menu lanjutan, dengan berbagai opsi untuk menentukan aturan pemformatan yang menyorot sel dalam pemilihan sel yang berisi teks, nilai, atau tanggal tertentu, atau yang memiliki nilai lebih besar atau lebih kecil dari nilai tertentu, atau yang berada dalam rentang nilai tertentu.
  • Top/Bottom Rules : Opsi untuk membuka menu lanjutan, dengan berbagai opsi untuk menentukan pemformatan aturan yang menyoroti nilai atas dan bawah, persentase, di atas dan di bawah nilai rata-rata dalam pemilihan sel.
  • Data Bars : Opsi untuk membuka palet dengan bilah data warna yang berbeda, yang dapat anda terapkan pada pemilihan sel, untuk menunjukkan nilai yang relatif terhadap satu sama lain dengan mengklik thumbnail bar data. Dengan data formatting bersyarat ini, bar akan muncul di setiap sel.
  • Color Scales : Opsi untuk membuka palet dengan skala tiga dan dua warna yang berbeda, yang dapat di terapkan pada pemilihan sel untuk menunjukkan nilai-nilai tersebut relatif terhadap satu sama lain, dengan mengklik thumbnail skala warna.
  • Icon Sets : Opsi untuk membuka palet dengan berbagai set ikon, yang dapat di terapkan pada pemilihan sel, menunjukkan nilai mereka relatif terhadap satu sama lain, dengan mengklik set ikon.
  • New Rule : Opsi untuk membuka kotak dialog Aturan Pemformatan Baru, di mana anda menentukan suatu ketentuan khusus, aturan pemformatan untuk diterapkan ke pemilihan sel.
  • Clear Rules : Opsi untuk membuka menu lanjutan, di mana anda dapat menghapus aturan pemformatan bersyarat, untuk pemilihan sel dengan mengklik opsi Sel Terpilih, untuk seluruh lembar kerja, dengan mengklik Keseluruhan Opsi lembar, atau hanya untuk tabel data saat ini, dengan mengklik opsi Tabel Ini.
  • Manage Rules : Opsi untuk membuka kotak dialog Manajer Aturan Pemformatan Bersyarat, tempat anda mengedit dan hapus aturan tertentu, serta sesuaikan aturan aturannya dengan memindahkannya ke atas atau ke bawah di Aturan kotak daftar.
Share this article

0 comments:

Post a Comment