Sunday, July 1, 2018

...

Mendiagnosa Kerusakan Pada Laptop Bag 7

HugoBremmer | 10:52 AM |
cara mengganti led laptop

Pada bagian ke 7 dalam pembahasan mengenai "Mendiagnosa Kerusakan Pada Laptop" ini akan kita bahas kerusakan pada bagian LED atau LCD. 
Untuk mengetahui ciri ciri kerusakan pada bagian ini dan cara penggantiannya.
Ciri ciri kerusakan pada bagian ini sebenarnya mudah di ketahui. namun kadang kala terdapat kekeliruan yang memvonis kerusakan pada bagian layar namun ternyata kerusakan hanya pada bagian kabel Fleksinya saja. kerusakan pada bagian layar ditengarai dengan sytem tetap melakukan booting namun tidak nampak aktifitas di layar led/lcd. jika menggunakan system operasi windows yang disetting mengeluarkan nada saat selesai melakukan botting windows akan nampak jelas jika system operasi tetap bekerja meskipun tidak nampak dilayar. atau untuk lebih mayakinkan bisa dicoba dengan menggunakan monitor eksternal dari slot VGA yang terdapat pada laptop atau slot HDMI. sehingga bisa kita lihat kalo laptop bekerja secara normal. atau jika tidak memiliki monitor bisa juga dilihat ketika melakukan booting lampu LED pada indikator yang menandakan HDD bekerja dengan menyala berkedip. dengan begitu anda bisa memastikan kerusakan pada layar LED/LCD. 
Seperti yang tadi dikatakan sebelumnya, terkadand kerusakan terjadi pada kabel fleksi, biasanya sebelum terjadi kerusakan total pada fleksi ketika layar LED/LCD digerakkan buka tutup kadang monitir akan menyala atau mati pada posisi tertentu.
Kerusakan pada bagian layar bisa disebabkan karena matinya lampu neon untuk LCD atau lampu "LED" untuk layar LCD. kerusakan ini kadang bisa dilihat ketika saat melakukan botting atau laptop posisi menyala ketika diberikan cahaya senter ke dalam layar akan nampak tulisan atau tampilan pada layar yang gelap. jika terdapat garis garis pada layar sebelum nya maka bisanya kerusakan pada bagian IC COF yang menempel pada fleksi di dalam layar, pada umumnya berbentuk kecil memanjang dan berwarna hitam mengkilat/silver. meski kerusakan ini kadang bisa di selesaikan dengan melakukan jumper namun kebanyakan tidak akan bertahan lama. dan hal terbaik adalah dengan mengganti keseluruhan bagian layar LCD/LED.
JIka anda belum pernah membongkar bagian layar pada laptop dan ingin menggantinya sendiri bisa dimulai dari tahap melepas bagian baut yang ada di sebelah kiri dan kanan bawah (kebanyakan type). dan kemudian dari bagian depan dalam, anda buka menggunakan tangan secara perlahan lahan dan memutar hingga keseluruhan bagian penutup /casing terbuka. kebanyakan jenis laptop dapat dibuka bagian layarnya dengan cara ini dan jangan membuka dengan menyongkel dari bagian tepi. karena akan mematahkan pengait pada casing.
setelah bagian ini terbuka, lepas baut bagian ujung kiri dan kanan layar baik atas maupun bawah kemudian lepas baut dari sisi samping kanan dan kiri, dengan begitu layar akan terlepas dan dapat anda ganti dengan yang baru. harap dilakukan secara hati hati karena tipisnya bagian lapisan kaca bisa saja pecah.
Untuk melakukan penggantian anda perhatikan jenis layarnya apakah LED/LCD. jika LCD maka terdapat bagian komponen terpisah dari layar sebagai penguat tegangan pada lampu neon. atau sering disebut inverter. kerusakan pada bagian ini juga mengakibatkan lampu neon pada LCD tidak menyala sehingga hanya akan nampak gelap. anda mungkin perlu mengeceknya jika jenis layar LCD mati, namun masih nampak tulisan jika dikasih penerangan ke layar. namun jika LED tidak terdapat komponen ini. karena lampu LED tidak membutuhkan tegangan tinggi intuk bisa menyala.
Perhatikan juga jenisnya apakah yang slim/tipis atau yang tebal. karena LED memiliki 2 jenis ketebalan. setelah itu perhatikan slot fleksi pada bagian belakang layar terdapat pada bagian atas atau bawah, dan jumlah pin lebar (40 pin) atau kecil (30 pin). dan yang pasti dan tentu pasti anda tau adalah ukuran layar berapa inch.
anda bisa memfotonya untuk melakukan pemesanan atau jika ragu bisa membawanya sebagai contoh supaya tidak salah dalam membeli.
Untuk pemasangan lakukan kebalikan dari anda melepasnya tadi.
Demikian kami uraikan pada bagian ini. semoga anda mudah memahami.
Share this article

0 comments:

Post a Comment