Monday, July 16, 2018

...

EXCEL- Tutorial Excel Lengkap Basic 7

HugoBremmer | 11:41 PM |
< Sebelumnya

Untuk melompati dan mencari artikel yang anda perlukan bisa dengan mengklik bagian sitemap.

Membuat,Mengcopy,menyembunyikan,menghapus, dan menutup lembar kerja.

cara mengcopy lembar kerja excel

Sekaligus mengakhiri tutorial bagian dasar Excel. sebelum masuk ke tahap selanjutnuya dalam artikel ini akan kita bahas bagai mana "Membuat,Mengcopy,menyembunyikan,menghapus, dan menutup lembar kerja".

1. Membuat lembar kerja / worksheet
ketika kita membuka program excel maka setelah kita mengklik pilihan lembar kerja, misalnya lembar kerja kosong akan otomatis membuka lembar kerja yang akan kita gunakan, namun jika kita membuka lembar kerja yang sudah kita tulis sebelumnya maka untuk membuka lembar kerja baru bisa dengan mengikuti langkah2 berikut ini:
  • pada bagian bawah lembar kerja Excel klik tanda + maka akan otomatis membuka lembar kerja baru. atau dengan cara lain, klik kanan pada bagian bawah lembar kerja pada sheet kemudian klik insert.
  • akan muncul laman pilihan lembar kerja. secara drfault pilihan akan terarah pada worksheet.
  • klik ok pada bagian kanan bawah dan lembar kerja baru akan terbuka.
2. Meng copy lembar kerja / worksheet
Ketika kita akan membuat salinan lembar kerja yang sama namun mungkin dengan mengedit beberapa content dari kolom, misalnya kita menginput data dengan anggota yang sama namun akan membuat data baru dengan nilai data berbeda maka tidak perlu membuat lagi satu persatu memasukkan nama anggota dari awal. kita hanya perlu membuat salinan data yang sudah ada dan melakukan edit pada nilai data saja. begini cara melakukan salinan lembar kerja dalam lembar kerja yang baru.
  • seperti ketika membuat halaman baru, arahkan mouse pada sheet di bagian bawah lembar kerja Excel dan kemudian klik kanan pada mouse. 
  • klik pada Move or copy, akan memunculkan kotak dialog atau laman baru, anda bisa memilih opsi move to end dan centang pada create a copy.
  • klik ok, maka anda sudah membuat salinan lembar kerja baru dan mulai melakukan edit pada content.
3. Anda bisa menyembunyikan lembar kerja yang sudah anda buat, misalnya ketika anda takut secara tidak sengaja merubah isi lembar kerja tersebut maka cara yang bisa anda lakukan adalah sebagai berikut.
  • arahkan mouse pada sheet di bagian bawah lembar kerja Excel dan kemudian klik kanan pada mouse.
  • klik pada opsi Hide. maka data excel anda akan ter hidden.
dan ketika anda ingin memunculkan kembali lakukan langkah berikut:
  • arahkan mouse pada sheet di bagian bawah lembar kerja Excel dan kemudian klik kanan pada mouse.
  • klik pada opsi Unhide. maka data excel anda akan terlihat kembali.
4. Menghapus Lembar kerja Excel.
Untuk menghapus lembar kerja yang tidak terpakai, atau mungkin salah maka maka ada bisa dengan mengarahkan mouse pada sheet di bagian bawah lembar kerja Excel dan kemudian klik kanan pada mouse. kemudian pilih opsi Delete.
( opsi delete ini menghapus satu halaman penuh, bukan menghapus isi dalam kolom saja )

5. Menutup Lembar kerja
Untuk menutup lembar kerja anda hanya perlu mengarahkan mouse pada bagian kanan atas bertanda silang dan mengklik tanda silang tersebut. dan jika lembar kerja anda belum tersimpan maka akan muncul kotak dialog untuk nenyimpan lembar kerja anda.

Demikian tutorial Excel dasar dan kemudian kita akan masuk bada bagian editing lembar kerja. klik pada Selanjutnya.
Share this article

0 comments:

Post a Comment