Monday, July 2, 2018

...

Mendiagnosa Kerusakan Pada Laptop Bag 10

HugoBremmer | 11:09 AM |
cara mengecek power suplay yang rusak

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas kerusakan yang terjadi pada power suplay, utamanya pada Personal Computer.
Power suplay merupakan bagian pokok yang tidak dapat di pisahkan dari perangkat elektronik, tanpanya suplay daya dari power suplay, elektronik tidak akan dapat berfungsi. Dan pada komputer kebutuhan suplay daya dari tiap komponen dipasok oleh power suplay tersebut. sehingga jika terdapat kerusakan pada bagian ini bisa dipastikan komputer tidak akan bekerja. jika pada laptop suplay daya dipasok oleh baterai 12V dan adaptor penyuplai tegangan umumnya bertegangan 19V (untuk jenis laptop lama bisa berbeda),  pada komputer power suplay memiliki beberapa jenis tegangan keluar yang umumnya ditandai dengan warna kabel. untuk kabel merah bertegangan 5V dan kabel kuning bernilai 12V. untuk menrakit sebuah komputer atau mengganti power suplay pada komputer sebaiknya di sesuaikan dengan kebutuhan komponen jumlah daya maksimal yang diberikan oleh power suplay sehingga tiap komponen pada komputer bisa bekerja secara maksimal tanpa kendala.
Power Suplay yang tidak bekerja biasanya ditandai dengan fan pendingin power suplay yang tidak bergerak, namun bukan berarti matinya personal komputer dengan tidak adanya aktifitas fan pendingin ini tidak bergerak dikarenakan rusaknya power suplay. hal ini bisa saja disebabkan karena rusaknya chip southgridge yang pada laptop biasanya digantikan dengan IC Controller. sehingga chip ini memiliki fungsi yang sama dengan IC Controller (fungsi IC Controller bisa anda baca pada bagian lain artikel ini mengenai kerusakan laptop pada IC Controller). atau juga rusaknya komponen mosfet atau transistor yang berfungsi sebagai switch tegangan(fungsi mosfet juga bisa anda baca pada bagian lain artikel ini mengenai kerusakan laptop pada mosfet ). 
Untuk melakukan pengecekan jika tidak terdapat arus yang masuk atau komputer sama sekali tidak menyala bisa anda mulai dengan mengecek bagian kabel power. kabel power yang sudah lama sering mengalami ke ausan karena beban dari komputer yang berat sehingga jika kabel power ini rusak bagian tembaga didalamnya akan hancur.
Kemudian baru dilanjutkan dengan mengecek bagian Power Supplay. untuk melakukan pengecekan ini bisa anda lakukan dengan melepas bagian soket yang tertempel pada main board kemudian sambungkan power suplay ke sumber arus dan pada soket dari power suplay yang menempel ke main board, biasanya terdapat 24 buah pin ATX connector(untuk model lama 20 pin ATX) soket dan 4/6/8 pin ATX connector ke prosesor, pada connector 24 pin tersebut anda sambungkan kabel warna hijau dengan kabel hitam/ground. jika power supplay tidak bermasalah maka fan pendingin power suplay berputar. atau jika fan berputar namun anda masih ragu apakah tegangan pada power supply normal bisa anda melakukan pengecekan tegangan keluar. jika setelah anda menyambungakn power suplay ke sumber arus dan melakukan jumper pada kabel switch ( menyambung kabel hijau dan ground) tidak adanya tanda aktifitas dari fan pendingin maka bisa dipastikan kerusakan terdapat pada bagian ini.
namun jika ternyata power supplay normal anda bisa melakukan pengecekan lebih lanjut pada komponen main board, yaitu bagian mosfet/transistor dan southbridge/IC Controller . pengecekan bagian ini sudah dibahas pada artikel sebelumnya.


Share this article

0 comments:

Post a Comment