Wednesday, July 4, 2018

...

Bagaimana Meretas Kata Sandi WPA Jaringan Wi-Fi

HugoBremmer | 11:33 AM |
cara menjebol password wifi

Artikel ini dibuat sebagai pembelajaran bagi pemilik jaringan wifi untuk lebih waspada dan hati - hati sehingga lebih memberikan pengamanan terhadap jaringan wifi-nya. memonitor pengguna terhubung dan mengamankan datanya. Dengan seorang peretas yang terhubung dalam jaringan anda, bisa lebih mudah melakukan eksplore data yang terdapat dalam jaringan komputer anda.
Dan segala tindak yang anda lakukan atas artikel ini yang mengakibatkan kerugian terhadap orang lain diluar tanggung jawab kami.
kami hanya menjelaskan cara kerja dari sebuah software untuk melakukan pengetesan terhadap keamanan jaringan wifi yang bernama software Reaver.
Software Reaver merupakan sebuah software yang terdapat dalam System Operasi BackTrack atau Kali Linux. System Operasi yang berfungsi sebagai pengetesan keamanan suatu system. Backtrack atau Kali Linuk bisa berjalan dalam mode DVD, eksternal drive atau bisa juga di install ke dalam internal drive. selain di distro kali linuk mungkin anda tetap bisa menggunakan software ini namun harus melakukan instalasi sendiri. sekarang ini juga Reaver memiliki versi APK filenya sehingga bisa di install dalam android. namun kami belum mencoba untuk versi android.
Applikasi ini juga tidak dapat melakukan peretesan terhadap beberapa jenis router dan terutama router yang tidak mendukung WPS "Applikasi ini akan bekerja hanya jika WPS pada router diaktifkan" , seperti router yang terinstall applikasi open source DD-WRT yang telah kami coba dan gagal.
Untuk mengetes apakah jaringan anda bisa di retas anda bisa mencoba malakukan percobaan sendiri dengan langkah langkah berikut ini.
Untuk bisa menggunakan Reaver anda bisa melakukan Booting menggunakan Kali linux , jika anda menggunakan versi DVD anda setting di Bios botting pertama menggunakan DVD, dan begitu juga jika menggunakan flasdisc atau jika komputer/ laptop Anda menggunakan doble OS dengan salah satunya kali linux maka lakukan booting menggunakan OS Kali Linux.
  • Setting Wireless Interface anda ke mode monitor dengan cara berikut 
buka terminal / Command line dan ketikkan perintah berikut ini :
airmon-ng start wlan0
(Wlan0 merupakan nama interface anda dan mungkin bisa berbeda jika anda mensetting dengan nama lain atau memiliki lebih dari satu wireless interface) 
  • Gunakan Wash, untuk mendeteksi jaringan dengan WPS.
wash -i mon0

(mon0 merupakan nama wireless interface anda yang diaktifkan dalam mode monitor)
  • Gunakan airodump-ng.  perintah Ini akan menampilkan semua jaringan di sekitar Anda.
airodump-ng mon0
  • Kemudian dari jaringan yang dideteksi akan tampil BSSID, pikih dan salin jaringan BSSID yang ingin coba di test/diretas. BSSID ini terdiri dari 12 karakter huruf dan angka yang dipisahkan dengan tanda titik dua tiap 2 karakter.
  • sekarang kita jalankan Reaver untuk mendapatkan kata sandi dari BSSID tersebut. dengan mengetikkan perintah berikut ini
reaver -i mon0 -b xx:xx:xx:xx:xx:xx 

(xx:xx:xx:xx:xx:xx anda genti dengan BSSID yang anda dapatkan )
dan dapat juga untuk mengoptimalkan alat menggunakan perintah tersebut dengan menambahkan -vv seperti berikut ini:

reaver -i mon0 -b xx:xx:xx:xx:xx:xx -vv

Jika anda sudah mengetahui nama BSSID sebelumnya maka yang perlu anda lakukan hanya melakukan perintah pada langkah terakhir yang anda ketikkan pada terminal. dengan format sebagai berikut: reaver -i <interface-name> -b <BSSID of target>
  • reaver - perintah menjalankan software reaver 
  • i - antarmuka yang digunakan.
  • b - nama jenis BSSID

tunggu hingga Reaver menemukan password dengan cara melakukan brute force atau dalam bahasa mudahnya software ini akan mencoba melakukan percobaan memasukkan kata sandi pada SSID yang di inginkan secara berulang ulang hingga ditemukan sandi yang sesuai dengan cepat. sofware ini bisa bekerja hingga ber jam-jam sampai menemukan sandi yang sesuai.

Dan jika ternyata wifi anda bisa diretas maka kami sarankan melakukan pengamanan berikut ini:
  • jika router anda mendukung maka sebaiknya anda matikan WPS
  • Menggunakan sambungan kerouter anda dengan metode pemfilteran melalui mac addres sehingga hanya mac addres yang terdaftar saja yang bisa tergubung. namun cara ini masih bisa diatasi oleh peretas menggunakan alamat MAC spoofing yang akan meniru atau menduplikasi alamat mac pada komputer yang terdaftar.
  • gunakan router yang aman terhadap reaver, seperti router yang terinstall DD-WRT karena software opensource ini tidak mendukung WPS.
  • lakukan pemeriksaan monitoring terhadap komputer yang terhubung ke router anda sehingga jika ditemukan device atau komputer yang tidak anda kenali dapat anda metihan koneksinya melalui router.
demikian sedikit penjelasan mengenai bagai mana mengamankan jaringan wireless anda dari orang yang tidak anda kehendaki.


Share this article

0 comments:

Post a Comment